Menu

Mode Gelap

Daerah · 28 Feb 2022 17:53 WIB

Journey To The Real Majestic Of Tanggamus, Inisiasi IFTA Bersama Disparbud Tanggamus

badge-check

Jurnalis


Journey To The Real Majestic Of Tanggamus, Inisiasi IFTA Bersama Disparbud Tanggamus Perbesar

Tanggamus, Lampungheadlines.com – Pada hari kedua rombongan Wakil Bupati dari berbagai daerah di Indonesia bersama IFTA (Indonesian Fighter Tourism Association), yang mengikuti test trip di Kabupaten Tanggamus dengan mengunjungi wisata Air Terjun Way Lalaan di Pekon Kampung Baru, Kota Agung Timur. Kegiatan ini tergabung dalam satu rangkaian Journey To The Real Majestic Of Tanggamus. Minggu, 27/02/2022.

Kehadiran mereka tersebut, disambut langsung oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani,SE.MM, bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tanggamus Hj. Retno Noviana Damayanti, yang hadir untuk menyambut

para rombongan yang terdiri dari, Wakil Bupati Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah Hj. Iswanti SE.MM, Wakil Walikota Sabang Drs. H Suradji Junus beserta istri, Wakil Bupati Aceh Tengah H. Firdaus, SKM, Wakil Bupati Rejang Lebong Provinsi Bengkulu Hendra Wahyudiansyah, SH.

 

Kemudian, Wakil Bupati Muaro Jambi Provinsi Jambi Bambang Wahyu Suseno, S.P.MM, M.Si, Wakil Bupati Fak-Fak Barat Yohana Dina Hindom, Wakil Bupati Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah Satya T. Atyani Djoedir, Wakil Walikota Lhokseumawe Provinsi Aceh, Perwakilan Kemendagri bidang direktur penataan dan administrasi pemerintahan desa, Ketua IFTA Indonesia Hendra Perdana bersama Tim Eksplore Pariwisata, agen-agen travel, serta WNA asal Jepang.

 

Dalam penyambutannya, Rombongan di suguhkan dengan tarian-tarian kesenian tradisional Lampung, sembari menikmati suguhan kuliner khas Kabupaten Tanggamus, yang dikemas dalam tradisi adat Lampung Pesisir. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan melihat langsung penangkaran lebah madu Klanceng, serta meninjau panorama Air Terjun Way Lalaan.

 

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tanggamus Retno Noviana Damayanti menjelaskan, bahwa tujuan dari kegiatan ini ialah untuk membangkitkan dan memberikan motivasi tentang kepariwisataan ke masyarakat, bagaimana membentuk desa wisata. Mereka sebenarnya telah bergerak dari bulan Januari dan puncaknya mereka mendatangkan travel-travel ke Kabupaten Tanggamus.

 

” Jadi negosiasi harga langsung dengan desanya, seperti desa wisata kampung baru ini, yang dikemas dalam bentuk paket wisata, yang bisa dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, paket lengkap mulai dari harga, produk UMKM hingga kuliner lengkap jadi satu, begitu juga dengan para pelaku hotel dan Restoran dapat juga join kerjasama dalam hal ini, dengan begitu kita juga sekaligus memperkenalkan produk-produk UMKM lokal, seni budaya kita kepada mereka,” Ungkap Retno.

 

Lanjut kadis, seharusnya kegiatan ini dapat mengundang lebih banyak tamu wisatawan yang hadir, namun disebabkan oleh pandemi dan keadaan finasial yang terbatas sehingga rombongan yang datang sangat-sangat dibatasi, kegiatan ini dimulai dari tanggal 25 – 28 Februari 2022, trip yang pertama para rombongan langsung mengunjungi Wisata Teluk Kiluan di Kelumbayan, melihat secara langsung icon Kabupaten Tanggamus ikan Lumba-lumba, lalu ke Laguna Gayau, pantai karang Kura-kura, dan pantai Gigi Hiu guna mengekplorasi Wisata di Kelumbayan.

 

Sebelum ke wisata air terjun Way Lalaan, rombongan terlebih dahulu mengunjungi dan memperkenalkan wisata sejarah situs Batu Bedil di Pulau Panggung, dilanjutkan sore harinya dengan mengunjungi Bukit Idaman Gisting, dan malam harinya akan bertolak ke wisata Pantai Muara Indah di Kota Agung, yang akan diisi dengan kegiatan Gala Diner. Kemudian esoknya akan mengunjungi desa wisata sailing yaitu desa agro, tenun dan lainnya, dan terakhir akan mengunjungi gerai bela beli Tanggamus.

 

” Saya berharap, adanya ini kita sudah ada panduan dan patokan, bahwa Kabupaten Tanggamus sangat layak untuk menjual atau dipromosikan wisata-wisata ke luar daerah, sebab kita sudah mempunyai contoh pola perjalanan saat ini. Dan kunjungan wisatawan kedepan dapat meningkat, namun situasi masih pandemi maka aktivitas wisata tengah dibatasi. Serta desa-desa wisata lainnya dapat bermunculan, produk UMKM kita semakin berkembang dan dikenal, yang pasti peningkatan ekonomi masyarakat kita semakin lebih baik lagi,”Tandas Retno Noviana Damayanti.

 

Sementara itu ketua IFTA Indonesia Hendra Perdana memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada terhadap wisata-wisata yang ada di Kabupaten Tanggamus, tak banyak yang di ungkapkan sebab tak ada kata-kata yang dapat disampaikan, karena keindahan panorama yang disuguhkan sangat memukau mata.

 

” Tanggamus Majestic, Wisata yang ada di Tanggamus sangat luar biasa, kemarin kami di Teluk Kilauan, disini kami sangat disambut dengan keramah-tamahan masyarakat desa wisata Pekon Kampung Baru sangat luar biasa, potensi alam, keramahan warganya luar biasa sekali,”Ucap pria yang biasa disapa Kang Elang tersebut.

 

Ia menambahkan, bahwa tujuan dari kunjungan tersebut ialah untuk membuka pariwisata yang ada di kabupaten Tanggamus, untuk dikenalkan ke destinasi-destinasi di tingkat nasional, yang hadir saat ini merupakan travel-travel dari sembilan Provinsi di Indonesia, dan wakil kepala daerah dari berbagai provinsi.

 

“Kedepan teman-teman travel ini akan menjualkan paket-paket wisata yang telah dirancang saat ini ke tingkat nasional, apa yang telah mereka kunjungi hari ini akan menjadi paket wisata jualan mereka nantinya, Tanggamus luar biasa “Majestic”, itulah mengapa kegiatan ini diberikan nama Journey To The Real Majestic Of Tanggamus, artinya Perjalanan Menuju Keagungan Tanggamus,”Tutupnya.

Artikel ini telah dibaca 377 kali

Baca Lainnya

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Tanggamus Laksanakan Tanam Pohon di Pugung

15 Juni 2024 - 09:48 WIB

Pemkab Tanggamus dan PGE-Area Ulu Belu Gelar Restorasi Lahan Kritis di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

14 Juni 2024 - 08:27 WIB

Oknum ASN Kesbangpol Provinsi Lampung dipolisikan, akibat aniaya pasutri.

11 Juni 2024 - 21:18 WIB

Pemkab Tanggamus Bangun Dua Unit Jembatan Penghubung Antar Pekon Dalam Kecamatan

10 Juni 2024 - 08:00 WIB

MPAL Lampung, dukung penuh pelaporan terhadap MPAL Pesawaran ke APH oleh para Tokoh Adat

9 Juni 2024 - 11:44 WIB

Miris MPAL Pesawaran yang harusnya jadi contoh Lembaga resmi, justru diduga Abal-abal. Kesbangpol Kecolongan.

8 Juni 2024 - 10:09 WIB

Trending di Daerah