Menu

Mode Gelap

Daerah · 4 Sep 2022 15:53 WIB

Akui Buruh Tani Tidak Mencukupi Kebutuhan Hidup, HN Nekat Curi Kabel Tembaga PT PJA

badge-check

Jurnalis


Akui Buruh Tani Tidak Mencukupi Kebutuhan Hidup, HN Nekat Curi Kabel Tembaga PT PJA Perbesar

Keterangan: Dua Pelaku pencurian kabel Tembaga milik PT. PJA di amankan di kantor Polisi. (sumber foto: Humas Polres Pringsewu)

Pringsewu, www.lampungheadlines.com – Polsek Pagelaran, Polres Pringsewu, Lampung berhasil membekuk Dua pelaku pencurian kabel tembaga milik PT. Pringsewu Jaya Abadi (PJA) yang berlokasi di Pekon Sumber Bandung, Pagelaran Utara, Pringsewu. Sabtu (3/9/22) pagi.

Kedua pelaku merupakan warga kecamatan pagelaran Utara, berinisial HN (37) domisili di Pekon Way Kunyir dan MN (27) domisili di Pekon Neglasari.

Kapolsek pagelaran Iptu Hasbulloh menjelaskan, kedua pelaku ditangkap Polisi dirumahnya masing-masing pada Sabtu (3/9/22) sekira pukul 9 pagi.

Keduanya dijemput paksa polisi atas dugaan terlibat dalam perkara pencurian kabel tembaga milik PT. PJA yang berada di Pekon Sumber Bandung, Kecamatan Pagelaran Utara Kabupaten Pringsewu.

Pencurian itu dilakukan Dua kali, pertama pada 24 Agustus 2022 sekira pukul 18.30 WIB., keduanya berhasil menggondol segulung kabel tembaga.

Kemudian pada pencurian kedua, tanggal 27 Agustus 2022 sekira pukul 20.30 WIB., pelaku gagal membawa kabel tembaga hasil curian lantaran kepergok warga.

“Atas kejadian pencurian ini, PT. PJA alami kerugian hingga Rp 5 juta dan kemudian melaporkan kepada pihak Kepolisian,” jelas Kapolsek Pagelaran Mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi pada Minggu (4/9/22) siang.

Menindaklanjuti laporan pengaduan tersebut, lanjut Kapolsek, pihaknya langsung menerjunkan sejumlah personil untuk melakukan penyelidikan para pelaku. Hasilnya, Polisi berhasil mengidentifikasi salah satu pelaku pencurian yang mengarah pada HN.

Setelah HN berhasil diamankan, Dirinya mengaku tentang adanya keterlibatan Satu pelaku lain berinisial MN. Berselang 30 Menit komplotan Pencuri itupun kemudian langsung diamankan.

Disebutkan Hasbulloh, dari kedua Pelaku itu Polisi berhasil mengamankan barang bukti hasil kejahatan berupa 1 buah gergaji besi, 1 buah palu, 1 buah kunci pas, 1 buah pisau, 1 unit sepeda motor dan 1 gulung kabel tembaga.

“Kedua pelaku berikut BB telah Kami amankan di mapolsek pagelaran, terhadap kedua pelaku disangkakan telah melanggar pasal 363 KUHP tentang Pencurian dan terancam hukuman pidana penjara hingga 7 tahun lamanya.”tandasnya.

Sementara itu Pelaku HN, yang berprofesi Buruh Tani saat ditanya awak media mengatakan, telah dua kali melakukan pencurian kabel tembaga milik PT. PJA.

Pencurian itu dilakukan pada tanggal 24 dan 27 Agustus 2022. Saat pencurian kabel tembaga dipotong-potong dengan menggunakan sejumlah alat seperti gergaji besi, palu, kunci pas dan pisau.

Kabel tembaga hasil Pencurian kemudian diangkut dengan menggunakan sepeda motor lalu dijual dan uangnya dibagi rata.

“Dari penjualan kebal tembaga itu Kami mendapatkan uang sebesar Rp. 1,6 Juta dan uangnya telah habis dipergunakan untuk membeli kebutuhan hidup sehari-hari,”ungkapnya.

Saat ditanya motif mencuri, HN mengaku nekat mencuri lantaran penghasilan harian dari pekerjaan Buruh Tani tidak mencukupi kebutuhan hariannya.

“Penghasilan dari bertani tidak pasti ada setiap harinya, sementara biaya kebutuhan hidup sehari-hari terus berjalan, maka Saya nekat mencuri,”tutur HN.

Atas kejadian itu, HN mengaku menyesal dan meminta maaf kepada pihak PT PJA dan keluarga besarnya. Dia juga berjanji tidak akan mencuri lagi.

“Saya sangat menyesal dan memohon maaf kepada pihak- pihak yang telah dirugikan atas perbuatan Saya ini.”akunya. (*)

Artikel ini telah dibaca 232 kali

Baca Lainnya

DPRD Tanggamus Gelar Paripurna, Empat Raperda Ditetapkan Jadi Perda

28 Maret 2024 - 12:29 WIB

Gubernur Lampung Kunker Ke Tanggamus, Resmikan Operasi Pasar Murah dan Bagikan Bantuan Bagi Masyarakat

26 Maret 2024 - 09:52 WIB

MAHUSA DAN WALHI GERAK AKSI TANAM 1000 BIBIT MANGROVE PULIHKAN KOTA BANDAR LAMPUNG

17 Maret 2024 - 22:47 WIB

Baznas Serahkan Bantuan 1 Unit Motor Untuk Tukang Kopi Keliling

8 Maret 2024 - 16:35 WIB

Pemkab Tanggamus Gelar Bazar Pasar Murah, Diskoperindag: Masyarakat Cukup Antusias

8 Maret 2024 - 09:21 WIB

KPU Pesawaran jadwalkan Pleno tingkat Kabupaten 3 hari, Sekretaris KPU : Bisa dilihat secara Live streaming dichanel resmi KPU Pesawaran.

29 Februari 2024 - 14:24 WIB

Trending di Daerah