Menu

Mode Gelap

Daerah · 22 Okt 2022 19:35 WIB

Bappelibang Tanggamus Bersama IPB University Gelar Pelatihan UMKM berbasis Lingkungan

badge-check

Jurnalis


Bappelibang Tanggamus Bersama IPB University Gelar Pelatihan UMKM berbasis Lingkungan Perbesar

Tanggamus, www.lampungheadlines.com –  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Tanggamus bersama IPB University, menggelar pelatihan bagi pelaku UMKM yang berbasis lingkungan, yang bertempat di Kecamatan Talang Padang. Kamis 20/10/2022.

Dengan melalui kegiatan Dosen Pulang Kampung IPB bertema untuk meningkatan kapasitas UMKM, di bidang tata kelola manajemen Produksi dan Pemasaran Berbasis Lingkungan, kegiatan ini dilaksanakan tanggal 08 September dan dilanjutkan 20 Oktober 2022.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Bappelitbang Kabupaten Tanggamus, Hendra Wijaya Mega, ST,.MT,. MM, kemudian Ivan Rinaldo HR, S. Kom,.MM, Camat Agustam Hamid, SE dan Yunidawati, S.Pd Kasi Kesmas. Tim IPB, narasumber dalam pelatihan yang diketuai oleh Dr. Ir. Ahyar Ismail, M.Agr, serta anggota tim yaitu Danang Pramudita, SP. MSi bersama Tursina Andita Putri, SE, MSi.

Kepala Bappelibang Tanggamus Hendra Wijaya Mega turut pula memberikan semangat kepada para peserta pelatihan, ia berpesan agar ilmu yang diberikan dapat di terapkan dan di manfaatkan sebaik-baiknya, agar dapat mengembangkan produk-produk UMKM yang dimilikinya.

” Kita harus semangat untuk mengikuti pelatihan ini, serap sebanyak mungkin ilmu yang di berikan, kemudian aplikasikan ke produk UMKM unggulannya, semoga kedepan produk UMKM kita dapat maju dan lebih berkembang lagi,”ucap Hendra Wijaya Mega.

Sekedar informasi yang disampaikan oleh pemateri tersebut, bahwasanya tahun lalu Kabupaten Tanggamus mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Terinovatif ke-7,oleh sebab itu ini dapat menjadi sebuah momentum yang baik untuk terus meningkatkan level UMKM di Kabupaten Tanggamus khususnya di Kecamatan Talang Padang.

Hal yang sama dikatakan oleh pemateri kegiatan ini, Danang Pramudita dia menyampaikan bahwa dalam tata kelola di bidang management produksi mengacu pada penerapan prinsip-prinsip management yang berfungsi pada kegiatan produksi secara berkesinambungan yang melalui integrasi berbagai macam sumberdaya. Untuk itu dibutuhkan strategi management produksi yang berbasis pada penanganan limbah produksi agar tidak mencemari lingkungan.

Sementara itu pemateri lainnya yakni Tursina Andita Putri menyampaikan bahwa, tujuan utama setiap UMKM adalah memaksimalkan keuntungan dalam jangka Panjang. Oleh karena itu dibutuhkan strategi bagaimana memuaskan konsumen.

” Ingat katanya, jika tidak ada pelanggan maka tidak akan ada usaha. Sebuah produk tidak mungkin menjadi produk yang dapat diterima oleh semua orang, agar dapat menghasilkan penjualan yang tinggi dengan biaya rendah, maka harus dapat memprioritaskan kelompok yang menjadi prioritas mereka,”Tandasnya.

Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan UMKM dari setiap Pekon yang ada di Kecamatan Talang Padang, dalam pelatihan tersebut nampak semua peserta antusias mengikuti pelatihan dengan melontarkan berbagai pertanyaan sesuai usaha yang dikelolanya, salah satunya usulan peserta dan yang perlu menjadi perhatian pihak kecamatan, dengan menginginkan adanya struktur organisasi UMKM di Kecamatan Talang Padang, pelatihan ini dimulai dengan Pre-Test dan diakhiri dengan Post-Test guna untuk mengukur tingkat penyerapan pengetahuan peserta selama mengikuti pelatihan.

Artikel ini telah dibaca 34 kali

Baca Lainnya

Desa Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Ajak Masyarakat Jadi Garda Terdepan Awasi Pemilu 2024

6 Juli 2024 - 14:05 WIB

Dilantik, 24 Petugas Pantarlih Kuripan Siap Coklit Pilkada

25 Juni 2024 - 12:14 WIB

PJ Bupati Buka Konsultasi Publik KLHS RTRW Kabupaten Tanggamus 2024-2044

20 Juni 2024 - 14:24 WIB

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Tanggamus Laksanakan Tanam Pohon di Pugung

15 Juni 2024 - 09:48 WIB

Pemkab Tanggamus dan PGE-Area Ulu Belu Gelar Restorasi Lahan Kritis di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

14 Juni 2024 - 08:27 WIB

Oknum ASN Kesbangpol Provinsi Lampung dipolisikan, akibat aniaya pasutri.

11 Juni 2024 - 21:18 WIB

Trending di Daerah