Menu

Mode Gelap

Uncategorized · 20 Jun 2023 22:26 WIB

Bupati Tanggamus Buka Sosialisasi dan Pelatihan Pencegahan Karhutla di Kecamatan Semaka

badge-check

Jurnalis


Bupati Tanggamus Buka Sosialisasi dan Pelatihan Pencegahan Karhutla di Kecamatan Semaka Perbesar

Tanggamus, www.lampungheadlines.com – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani membuka kegiatan sosialisasi dan Pelatihan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), bertempat di aula Pekon Sedayu, Kecamatan semaka. Selasa, 20/06/2023.

Dalam sambutannya Bupati Tanggamus memberikan apresiasi setinggi-tingginya dalam kegiatan ini, khususnya kepada pelaksana kegiatan BPBD dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanggamus, yang diikuti oleh Kakon, Camat serta para HKM, Satgas Hutan, PT. Pertamina (PGE) Ulu Belu, Balai Besar TNBBS dan lapisan masyarakat. Hal ini dirasa sangat perlu dilakukan untuk memberikan basis pengetahuan kepada masyarakat, terkait tentang upaya pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan.

” Dengan tujuan bisa menambah kemampuan dalam kesiap-siagaan masyarakat atas kondisi lingkungan, sehingga mampu mengidentifikasi potensi terjadinya kebakaran dan menginisiasi mitigasi kebakaran secara sistematis dilingkungan masing-masing. Berdasarkan sumber data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui aplikasi SIPONGI, data hotspot di Kabupaten Tanggamus Tahun 2021 ada sekitar 45 Titik, Tahun 2022 22 Titik, serta medio Januari-Mei 2023 ada 4 Titik,”Jelas Bunda Dewi sapaan akrabnya.

Lanjut Bupati, oleh sebab itu setiap lapisan masyarakat perlu mengetahui tentang masalah kebencanaan, baik dalam aspek regulasi atau peraturan perundang-undangan, kelembagaan, deteksi dini kebencanaan, tindakan, serta tata cara penanggulangan maupun aspek koordinasinya. Sebab dalam penyelesaian Karhutla tidak bisa dilakukan secara parsial atau masing-masing pihak, namun perlu adanya kerjasama yang baik antara seluruh elemen.

” Kita tidak perlu saling menyalahkan, namun kita harus terus berupaya memberikan kontribusi yang maksimal, sebab tindakan saling menyalahkan tak akan pernah menyelesaikan permasalahan, serta sebaliknya akan membuat masalah baru, hal itu tentu tidak kita inginkan dan hal tersebut tentunya tidak boleh terjadi, guna mengantisipasinya, upaya pencegahan dalam menanggulangi Karhutla sangat dibutuhkan untuk saling berkoordinasi secara intensif oleh semua pihak,”tandasnya.

Sementara itu, Plh Sekda Tanggamus Sukisno dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan tindak lanjut dari Inpres Nomor 3 Tahun 2020, tentang penanggulangan kebakaran hutan dan lahan sekaligus menjalankan instruksi dari Kemendagri Nomor 1 Tahun 2023, tentang Kesiap-siagaan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan, oleh karena itu maka Pemerintah Kabupaten Tanggamus telah menyusun pembentukan komando tugas penanggulangan Karhutla melalui surat keputusan Bupati Tanggamus, sehingga ketika pada saat terjadi Karhutla di wilayah Tanggamus komunikasi dan koordinasi antar stakeholder dapat berjalan dengan baik.

” Dengan adanya kegiatan ini bisa dijadikan sebagai gerakan bersama untuk mencegah kebakaran, baik di pemukiman penduduk maupun di dalam kawasan hutan, hal ini guna untuk menjaga kualitas lingkungan hidup maupun sebagai upaya dalam membangun kesadaran seluruh komponen masyarakat, agar dapat melihat lebih jauh perannya masing-masing dalam pencegahan baik itu kebakaran, pencemaran kabut asap, sebagai langkah bersama dalam penurunan emisi gas rumah kaca,”ucap Sukisno.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Wakil bupati Tanggamus Hi.AM Syafi’i, jajaran Forkopimda kabupaten Tanggamus, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Kepala Pekon (Kakon) dan masyarakat Kecamatan Semaka, selain itu kegiatan sosialisasi ini juga menghadirkan narasumber yang cukup berkompeten di bidang pelatihan tentang tatacara terkait upaya pencegahan bencana kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Warga Laporkan Dugaan Money Politik di Kecamatan Sumberejo pada Pileg 2024 Ke Bawaslu Tanggamus

22 Februari 2024 - 09:04 WIB

Kakon Entah Dimana? DD Tahap III 2023 Pulau Benawang Tak Bisa dicairkan

19 Februari 2024 - 21:36 WIB

Masyarakat Harapkan Supriyadi, Jadi Dewan Lagi, Kerja nyata nya terbukti.

17 Februari 2024 - 11:12 WIB

Masyarakat Tanggamus Doakan Prabowo-Gibran Menang Pilpres Satu Putaran

10 Februari 2024 - 22:02 WIB

‘Mark-up’ Dugaan Anggaran BOS 2020-2022 SMP PGRI 1 Gunung Alip, APH Wajib Bertindak

1 Februari 2024 - 08:36 WIB

Jelang Pemilu 2024, DPC PKB Tanggamus Siapkan 1.887 Saksi Pemenangan Pilpres dan Pileg

6 Desember 2023 - 08:45 WIB

Trending di Daerah