Menu

Mode Gelap

Advetorial · 4 Apr 2023 11:25 WIB

DPRD Tanggamus Paripurna Ranperda Tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh serta Pemukiman Kumuh

badge-check

Jurnalis


DPRD Tanggamus Paripurna Ranperda Tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh serta Pemukiman Kumuh Perbesar

Tanggamus, www.lampungheadlines.com –DPRD Tanggamus menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian rancangan peraturan daerah (Ranperda) Tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh, Senin,13/03/2023.

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan itu, dihadiri 34 dewan. Turut mendampingi Heri saat memimpin rapat, Wakil Ketua I DPRD Tanggamus Irwandi Suralaga, Wakil Ketua II Hi.Tedi Kurniawan dan Wakil Ketua III Kurnain. Turut hadir dari jajaran eksekutif Wakil Bupati Tanggamus Hi.A.M.Syafii, jajaran Forkopimda, kepala OPD dan camat.

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam sambutannya yang diwakili Wabup Tanggamus Hi.A.M.Syafii, mengatakan, sebagaimana diamanatkan dalam Undang–Undang Dasar 1945 dan pasal 28 Amandemen UUD 1945, bahwa rumah adalah salah satu hak dasar rakyat. Oleh karena itu, setiap warga negara berhak untuk memiliki tempat tinggal dan mendapat lingkungan rumah yang baik, nyaman dan sehat.

“Namun demikian, apabila pertumbuhan dan pembangunan perumahan yang tidak memperhatikan keseimbangan lingkungan dan tingkat perekonomian masyarakat, serta tidak sesuai dengan tata ruang wilayah, akan dapat mengakibatkan kondisi perumahan dan permukiman yang tidak memenuhi standar kelayakan, sehingga dapat dikategorikan sebagai perumahan dan Permukiman Kumuh Berdasarkan ketentuan Pasal 94 dan Pasal 96 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, disebutkan bahwa Pemerintah Daerah wajib melakukan pencegahan dan melakukan peningkatan kualitas terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh dengan menetapkan kebijakan, strategi, serta pola-pola penanganan yang manusiawi, berbudaya, berkeadilan, dan ekonomis,”kata wabup.

Terkait dengan hal tersebut, lanjut wabup, maka diperlukan penetapan kebijakan daerah terkait Perumahan dan Pemukiman Kumuh yaitu sebuah Peraturan Daerah untuk menjadi pedoman yang memiliki legalitas yang kuat dalam pelaksanaannya.

“Dan pada kesempatan ini kami akan menyampaikan nota pengantar terhadap ranperda yang kami ajukan, yaitu Ranperda Tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh,”kata Syafi’i

Masih kata wabup, walaupun penyusunan Ranperda ini telah mempertimbangkan berbagai aspek, namun demi kesempurnaan produk hukum maka Ranperda diperlukan masukan dan saran dari DPRD Tanggamus sehingga pada saatnya nanti dapat disetujui dan ditetapkan menjadi Perda Kabupaten Tanggamus.

“Kami menyampaikan apresiasi mendalam kepada pimpinan dan anggota DPRD Tanggamus atas diterimanya Nota Pengantar Penyampaian Ranperda
Tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap
Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh, untuk kemudian dibahas menjadi Peraturan Daerah Kabupaten
Tanggamus,”pungkas wabup.

Sementara Ketua DPRD Tanggamus, Heri Agus Setiawan mengatakan,setelah nota pengantar ranperda diterima DPRD, tahapannya selanjutnya akan dibahas di tingkat Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Kabupaten Tanggamus bersama OPD terkait.

“Untuk pembahasan antara Bapemperda dengan Bagian Hukum Sekretariat Daerah Tanggamus dan OPD terkait yang diagendakan dari 14 Maret sampai selesai dan rapat paripurna persetujuan dijadwalkan 3 Mei 2023,”kata Heri.(ADV)

Artikel ini telah dibaca 37 kali

Baca Lainnya

Kakon Entah Dimana? DD Tahap III 2023 Pulau Benawang Tak Bisa dicairkan

19 Februari 2024 - 21:36 WIB

Mantap! 2.748 Suara Arief Munandar, TIM : yakin Jadi.

17 Februari 2024 - 11:49 WIB

Masyarakat Harapkan Supriyadi, Jadi Dewan Lagi, Kerja nyata nya terbukti.

17 Februari 2024 - 11:12 WIB

Caleg PAN Dapil 2 Kecamatan Negeri Katon, berpotensi raih 2 Kursi, hasil Hitung cepat.

16 Februari 2024 - 08:16 WIB

Tembus 9.000 lebih suara, TIM Relawan Pemengan Paisaludin Caleg DPRD Kabupaten Pesawaran, ungkapkan : ini diluar Prediksi

15 Februari 2024 - 12:10 WIB

ZAINAL ABIDIN CALEG DPRD LAMPUNG DAPIL 3, RAIH SUARA TERBANYAK, ZAINAL : TERIMAKASIH KEPADA PARA PEMILIH.

15 Februari 2024 - 04:09 WIB

Trending di Daerah