Menu

Mode Gelap

Daerah · 1 Nov 2022 13:16 WIB

Inspektorat Tanggamus ‘Cium’ Adanya Indikasi Kerugian Negara di Pekon Sukamernah

badge-check

Jurnalis


Inspektorat Tanggamus ‘Cium’ Adanya Indikasi Kerugian Negara di Pekon Sukamernah Perbesar

Tanggamus, www.lampungheadlines.com – Inspektorat Tanggamus angkat bicara terkait dengan desakan masyarakat Pekon Sukamernah, Kecamatan Gunung Alip, yang mempertanyakan dana bantuan BLT-DD 2021 yang belum direalisasikan selama 3 bulan oleh pihak Pekon setempat. Senin, 01/11/2022.

Sekertaris Inspektorat Tanggamus Gustam Apriyansah mengatakan, bahwa beberapa hari yang lalu memang pihaknya sudah turun ke Pekon Sukamernah, dalam rangka untuk pengumpulan data dan investigasi permasalahan tersebut di lapangan serta melakukan sampel terhadap laporan-laporan masyarakat yang di sampaikan ke inspektorat.

” Salah satunya ialah permasalahan dana BLT-DD tahun 2021 selama 3 bulan yang tidak dibagikan, sudah kita proses namun hasilnya belum bisa kita sampaikan, karena masih dalam pengolahan datanya. Sah-sah saja apa yang menjadi alasan maupun alibi kakon kenapa dana tersebut belum direalisasikan, pastinya data yang kita peroleh akan kita sandingkan dengan fakta yang ada di lapangan nantinya,”Jelasnya.

Menurut Gustam, seharusnya dana BLT -DD 2021 sudah dibagikan ke 88 KPM di Pekon Sukamernah tersebut, sebab saat ini sudah masuk akhir tahun 2022, dan ini di duga adanya proses perencanaan di awal yang salah, seperti alasan kakon mengalihkan pembayaran dana BLT -DD 2021 untuk membayar material fisik pembangunan.

” Ini kan sudah kesalahan, kemana dana anggaran fisik sebelumnya, sebab dalam perencanaan sudah ada pos masing-masing dan kemana dana itu akan di gunakan. Dan ini yang bakal kita pelajari serta pahami dengan fakta, data yang ada di lapangan, kita sudah melakukan wawancara dengan aparatur Pekon, pernyataan masyarakat, akan kita analisa duduk permasalahannya, “tegas Gustam.

Tambah Gustam, untuk potensi kerugian negara pastinya ada, namun hal itu perlu dilakukan penghitungan perkiraan besarannya secara detail dan lengkap, lagi lagi hal itu belum bisa pihaknya sampaikan sebab proses pemeriksaan secara menyeluruh sedang dilakukan.

” Prosesnya ini masih terus bergulir, nantinya juga kami akan panggil yang bersangkutan (Kakon), aparat Pekon bahkan masyarakat serta TPK Pembangunan yang bermasalah untuk kelengkapan data. Informasinya juga masyarakat akan mengirimkan surat ke DPRD dan Bupati Tanggamus, itu merupakan hak dari masyarakat dan sah-sah saja terkait masalah di Pekon Sukamernah untuk menyampaikan aspirasi mereka legislatif maupun Bupati Tanggamus,”tutup Gustam.

Artikel ini telah dibaca 135 kali

Baca Lainnya

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Tanggamus Laksanakan Tanam Pohon di Pugung

15 Juni 2024 - 09:48 WIB

Pemkab Tanggamus dan PGE-Area Ulu Belu Gelar Restorasi Lahan Kritis di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

14 Juni 2024 - 08:27 WIB

Oknum ASN Kesbangpol Provinsi Lampung dipolisikan, akibat aniaya pasutri.

11 Juni 2024 - 21:18 WIB

Pemkab Tanggamus Bangun Dua Unit Jembatan Penghubung Antar Pekon Dalam Kecamatan

10 Juni 2024 - 08:00 WIB

MPAL Lampung, dukung penuh pelaporan terhadap MPAL Pesawaran ke APH oleh para Tokoh Adat

9 Juni 2024 - 11:44 WIB

Miris MPAL Pesawaran yang harusnya jadi contoh Lembaga resmi, justru diduga Abal-abal. Kesbangpol Kecolongan.

8 Juni 2024 - 10:09 WIB

Trending di Daerah