Menu

Mode Gelap

Daerah · 23 Mar 2022 23:09 WIB

Ketua DPRD Pringsewu Hadir dalam Musrenbang RKPD Tahun 2023

badge-check

Jurnalis


Ketua DPRD Pringsewu Hadir dalam Musrenbang RKPD Tahun 2023 Perbesar

Keterangan foto: Ketua DPRD Kabupaten Pringsewu Suherman, S.E., tengah serahkan secara simbolis Piala dan penghargaan untuk Musrenbang terbaik ketiga kepada Kepala Kecamatan (Camat) Pringsewu Moudy Ary Nazolla, S.STP., M.H. (sumber: Humas Prokompim Setdakab Pringsewu)

Pringsewu, www.lampungheadlines.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pringsewu Suherman, S.E., hadir dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023.

Musrenbang yang digelar Pemerintah Kabupaten Pringsewu dan dibuka langsung oleh Bupati Pringsewu Sujadi di Aula Utama Pemkab Pringsewu, Rabu (23/3/22), turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung Qudratul Ikhwan beserta sejumlah Kepala Perangkat Daerah Pemprov Lampung terkait, Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, Sekda Pringsewu Heri Iswahyudi beserta jajaran pemerintah daerah dan Forkopimda secara langsung, juga tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, forum anak, unsur perbankan, para camat, para kapekon serta lurah dan stakeholders lainnya secara virtual.

Membacakan sambutan tertulis Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung Qudratul Ikhwan mengatakan Kabupaten Pringsewu merupakan salah satu dari 5 kabupaten dengan periode RPJMD berakhir pada tahun 2022 ini.

Menyikapi hal tersebut, pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri menginstruksikan untuk menyusun dokumen rencana pembangunan daerah tahun 2023-2026 dalam masa transisi Pilkada 2024. “Oleh karena itu, program pembangunan daerah Kabupaten Pringsewu Tahun 2023 harus disinergikan dan dilaksanakan sesuai RPD Kabupaten Pringsewu Tahun 2023-2026 dimaksud”, katanya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kinerja pembangunan pilar ekonomi daerah sepanjang tahun 2021 semakin membaik meski di tengah pandemi. Hal ini ditandai dengan indikator pertumbuhan ekonomi yang terus menunjukkan tren positif setiap triwulan. “Hingga akhir 2021, ekonomi Lampung tumbuh positif sebesar 2,79% dibanding tahun sebelumnya yang tumbuh negatif 1,67%. Sejalan dengan hal tersebut, pertumbuhan ekonomi Pringsewu berkontribusi sebesar 2,91% di tahun 2021”, ungkapnya.

Gubernur melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra juga mengapresiasi Bupati Pringsewu dan jajaran Pemkab Pringsewu atas capaian penyelenggaraan tata kelola keuangan. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) beberapa kali dan penghargaan pembangunan daerah Saburai dari Pemerintah Provinsi Lampung.

 

Keterangan foto: Bupati Pringsewu Hi. Sujadi tengah sampaikan penyusunan Rancangan RKPD Tahun 2023 Kabupaten Pringsewu. (sumber: Humas Prokompim Setdakab Pringsewu)

Sementara itu, Bupati Pringsewu Sujadi mengatakan penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 Kabupaten Pringsewu mengacu kepada Rencana Pembangunan Daerah Tahun 2023-2026.

Sesuai arah kebijakan pada rancangan awal RKPD Provinsi Lampung, RPD Kabupaten Pringsewu Tahun 2023-2026 dan isu-isu strategis daerah yang berkembang, lanjut bupati, maka tema pembangunan Kabupaten Pringsewu 2023 adalah ‘Penguatan Tata Kelola Pemerintahan untuk Menunjang Pemulihan Ekonomi Daerah’. “Sedangkan prioritas pembangunan tahun 2023 adalah Peningkatan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, Pembangunan manusia yang berkualitas, Peningkatan pertumbuhan ekonomi yang bertumpu pada sektor strategis, Penataan kawasan perkotaan yang berkelanjutan, dan Peningkatan kualitas tatanan sosial masyarakat”, katanya.

Pada kesempatan tersebut, juga diserahkan piala dan piagam penghargaan untuk Musrenbang Kecamatan Terbaik, masing-masing kepada Kecamatan Pardasuka (terbaik pertama), Kecamatan Banyumas (terbaik kedua) dan Kecamatan Pringsewu (terbaik ketiga). (*)

Artikel ini telah dibaca 85 kali

Baca Lainnya

DLH Minta PT.Paragon Patuh Laporan, Izin Limbah B3 dan Limbah Cair dipertanyakan

21 September 2023 - 07:45 WIB

12 Pekon Kecamatan Gunung Alip Sandang Predikat ODF

20 September 2023 - 05:34 WIB

Masyarakat Cukuh Balak “Tolak” Tambang Ziolit, Bisa Rusak Hutan dan Ekosistem

19 September 2023 - 19:47 WIB

Pertama di Lampung, Bawaslu Tanggamus Gelar Apel Siaga dan Deklarasi Netralitas ASN Pada Pemilu 2024

12 September 2023 - 23:14 WIB

HUT Lantas Bhayangkara Ke-68, Satlantas Polres Tanggamus Baksos Bersihkan Gereja Katolik Santo Pius Gisting

5 September 2023 - 21:53 WIB

MWCNU Kotaagung Timur Gelar Lomba Qosidah, Sekaligus Lantik Pengurus Ranting NU di 2 Pekon

30 Agustus 2023 - 08:41 WIB

Trending di Daerah