Menu

Mode Gelap

Daerah · 27 Okt 2022 17:05 WIB

Lembaga PC RPA Tanggamus Gelar Pendidikan Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Bagi Stake Holder di Gisting

badge-check

Jurnalis


Lembaga PC RPA Tanggamus Gelar Pendidikan Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Bagi Stake Holder di Gisting Perbesar

Tanggamus, www.lampungheadlines.com – Pengurus Cabang Lembaga Rumah Perempuan dan Anak (RPA) Kabupaten Tanggamus menggelar kegiatan pendidikan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak bagi stake holder. Yang bertempat di Aula GSG Gisting Bawah, Kecamatan Gisting. Kamis, 27/10/2022.

Dengan mengusung tema “Sinergitas Peran Pemerintah dan lembaga masyarakat upaya menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Tanggamus Tahun 2022″. Kegiatan ini dibuka oleh ketua Lembaga RPA Provinsi Lampung yang diwakili oleh Rizal Mustofa Bahrul.

 

Ketua RPA Tanggamus Ruwiyati,S.Ag,.M.Si, turut hadir Anggota DPRD Provinsi Lampung Azuwansyah, S. Ag.,MM, Sekretaris PP, PA, DALDUK dan KB Tanggamus Aliyasmir, Ketua Peradi Tanggamus Merli Yunita Sari, Camat Gisting Purwanti, Kanit PPA Polres Tanggamus, Kepala KUA Gisting Darmawan, kepala Pekon perempuan, dan Lembaga, organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Tanggamus serta Narasumber Pemateri dalam kegiatan PC RPA Tanggamus.

 

Dalam sambutannya Ketua PC RPA Tanggamus Ruwiyati menyampaikan, bahwa RPA berdiri 28 September 2014 di Jakarta, merupakan lembaga non profit, segmentasinya pada generasi milenial, (berumur 24 – 39 Tahun atau yang lahir pada tahun 1981 – 1996). Generasi milenial akan menjadi generasi mayoritas dalam struktur demografi di indonesia yang akan menentukan wajah Indonesia kedepan yang lahir sebagai ilustrasi bentuk Kepedulian Masyarakat terhadap isu-isu negatif, yang terjadi pada perempuan dan anak yang menjadi sasaran empuk pelampiasan hawa nafsu dan perbuatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

 

” RPA tergerak untuk bersama sama seluruh elemen dan organisasi kemasyarakatan, untuk melakukan kegiatan yang positif untuk mengurangi terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak. Kegiatan ini di support langsung oleh Lembaga Rumah Rumah Perempuan dan Anak ( RPA ) Provinsi Lampung,”Ucap Ketua RPA Tanggamus.

 

Lanjutnya, Lembaga RPA merupakan organisasi yang memberikan pembelaan dan pendampingan serta melindungi hak-hak kaum perempuan dan anak, dari tindak kekerasan dalam rumah tangga dan lingkungannya.Tingginya angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di Negara ini merupakan tantangan bagi lembaga lembaga organisasi pemerhati isu perempuan dan anak, Keutuhan dan kerukunan rumah tangga yang bahagia, aman, tenteram, dan damai merupakan dambaan setiap orang dalam rumah tangga.

 

Keutuhan dan kerukunan rumah tangga dapat terganggu jika kualitas dan pengendalian diri tidak dapat dikontrol, yang pada akhirnya dapat terjadi kekerasan dalam rumah tangga sehingga timbul ketidakamanan atau ketidakadilan terhadap orang yang berada dalam lingkup rumah tangga tersebut, untuk mencegah, melindungi korban, dan menindak pelaku kekerasan dalam rumah tangga, negara, dan masyarakat wajib melaksanakan pencegahan, perlindungan, dan penindakan pelaku sesuai dengan falsafah Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

 

” Tujuan kegiatan terciptanya pemahaman dan kesadaran pada masyarakat dalam perlindungan perempuan dan anak, dari segala bentuk kekerasan, agar terwujudnya keadilan dan kesetaraan gender serta terpenuhinya hak-hak anak. Anak berhak mendapatkan perlindungan khusus terutama perlindungan hukum dalam sistem peradilan. Hal ini tercantum dalam pasal 59 Undang Undang RI 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak,”Pungkasnya.

 

Sementara itu dalam penyampaiannya Ketua Lembaga Pengurus RPA Lampung yang diwakilkan oleh Rizal Mustofa Bahrul, sekaligus membuka kegiatan mengatakan bahwa upaya pencegahan angka kekerasan terhadap perempuan merupakan target secara nasional guna mengurangi kekerasan terhadap perempuan dan anak, oleh sebab itu diperlukan kerjasama dari semua pihak maupun peran penting masyarakat, sehingga tak menjadi fenomena gunung es saat ini.

 

” Masyarakat perlu dilibatkan dalam upaya pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, peran pemerintah daerah harus terus mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat, sebab sebagian besar kekerasan dilakukan oleh orang terdekat dari korban itu sendiri,”Jelasnya.

 

Sekretaris dinas PP, PA, DALDUK dan KB Tanggamus Aliyasmir, turut mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh lembaga PC RPA Tanggamus, diharapkan kehadiran RPA di Tanggamus dapat mengurangi serta mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak. Hal tersebut juga menjadi perhatian yang serius bagi Pemerintah Daerah dan adanya keterbatasan anggaran dari pemerintah.

 

” Maka oleh itu Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada lembaga maupun organisasi yang sangat peduli terhadap kekerasan yang terjadi terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Tanggamus khususnya Lembaga Pengurus Cabang RPA Tanggamus,”Pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 62 kali

Baca Lainnya

Pemkab Tanggamus dan PGE-Area Ulu Belu Gelar Restorasi Lahan Kritis di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

14 Juni 2024 - 08:27 WIB

Oknum ASN Kesbangpol Provinsi Lampung dipolisikan, akibat aniaya pasutri.

11 Juni 2024 - 21:18 WIB

Pemkab Tanggamus Bangun Dua Unit Jembatan Penghubung Antar Pekon Dalam Kecamatan

10 Juni 2024 - 08:00 WIB

MPAL Lampung, dukung penuh pelaporan terhadap MPAL Pesawaran ke APH oleh para Tokoh Adat

9 Juni 2024 - 11:44 WIB

Miris MPAL Pesawaran yang harusnya jadi contoh Lembaga resmi, justru diduga Abal-abal. Kesbangpol Kecolongan.

8 Juni 2024 - 10:09 WIB

Dishub Tanggamus Rutin Lakukan Perbaikan dan Pemeliharaan Lampu PJU

28 Mei 2024 - 06:55 WIB

Trending di Daerah