Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 8 Feb 2023 21:53 WIB

Musrenbang RKPD 2023, Kecamatan Kota Agung Barat Akan diguyur Pembangunan, Infrastruktur Mendominasi

badge-check

Jurnalis


Musrenbang RKPD 2023, Kecamatan Kota Agung Barat Akan diguyur Pembangunan, Infrastruktur Mendominasi Perbesar

Tanggamus, www.lampungheadlines.com – Kecamatan Kota Agung Barat, Kabupaten Tanggamus tahun 2023, khususnya di bidang pembangunan infrastruktur dan fasilitas pembangunan bagi pendidikan kurang lebih Rp. 3,480,000,056.00. hal ini diketahui pada saat acara kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD di Kecamatan Kota Agung Tahun 2023, Dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Tahun 2024. Rabu, 08/02/2023.

Kegiatan yang bertempat di Wisata Pantai Cemara Beach Pekon Tanjung Agung, Kecamatan Kota Agung Barat tersebut, dibuka oleh Asisten bidang pemerintahan Sukisno dan didampingi Camat Kota Agung Barat Firdaus serta turut di hadiri pula oleh Tim pendamping RKPD Musrenbang Kabupaten Tanggamus, Uspika, BHP, PKK, Kepala Pekon, Pendamping desa Se-kabupaten Tanggamus, serta tokoh adat dan masyarakat setempat.

Dalam penyampaiannya Asisten Bidang Pemerintahan Sukisno menjelaskan, bahwa Secara umum penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan ini ditujukan untuk menampung aspirasi dan masukan kegiatan pembangunan dari masyarakat ditingkat wilayah yang diselaraskan dengan rencana-rencana pembangunan yang sedang disusun oleh pemerintah daerah, baik yang bersifat sektoral maupun kewilayahan.

” Dalam tataran Nasional, saat ini Pemerintah Pusat telah menetapkan RPJMN 2O2O-2O24 sebagai tahapan penting dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2OO5-2O25 karena menjadi RPJMN tahap akhir dan penentu pencapaian target pembangunan dalam RPJPN. Pencapaian pembangunan selama kurun waktu tahun 2O2O-2O24 menghadapi tantangan besar akibat pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di awal tahun 2O2O,”tukasnya.

Selain itu, beberapa hal yang masih menjadi prioritas dengan merujuk pada kegiatan yang lama, seperti program 55 aksi Bupati Tanggamus, serta meminta kepada pihak Pekon supaya dapat mengelola anggaran dana desa sesuai dengan aturan, dan di gunakan dengan secara bijak. Kemudian peningkatan BUMDES di tiap Pekon agar di optimalkan melalui APBDes Pekon, supaya azas pemanfaatannya lebih terasa oleh masyarakat di pekon masing-masing.

” Ini kedepan merupakan pekerjaan rumah bagi jajaran pemerintah kecamatan kota agung barat, mudah-mudahan tahun ini bisa nambah lagi Pekon yang telah ODF, juga di butuhkan dukungan dari setiap kepala Pekon serta masyarakat, dimana Pekon yang sudah menerapkan program ODF di kecamatan kobar sudah mencapai 85 persen. Selain itu permasalahan stunting juga menjadi fokus utama di Kabupaten Tanggamus, untuk itu di harapkan kepada masyarakat bisa mencegah sedini mungkin salah satunya melalui ODF dan infrastruktur turut menjadi pendukung dalam memberikan pelayanan kesehatan,”pungkas Sukisno.

Sementara itu Camat Kota Agung Barat Firdaus mengungkapkan, dalam Musrenbang RKPD ini 16 pekon di Kecamatan Kota Agung Barat turut memberikan berbagai usulannya kepada Pemkab Tanggamus di Pekon masing-masing, pembangunan peningkatan infrastruktur masih mendominasi, GSG, bendungan, air bersih, jalan, jembatan serta penunjang bagi fasilitas pendidikan serta fasilitas kesehatan.

” Agar sekiranya berbagai usulan-usulan yang telah disampaikan tadi, dapat menjadi perhatian Pemerintah Daerah untuk dapat direalisasikan di tahun 2024, pada saat pelaksanaan Musrenbang nantinya, meskipun pada saat tahapannya tetap menerapkan skala prioritas,”tegas Mantan Camat Gisting tersebut.

Artikel ini telah dibaca 90 kali

Baca Lainnya

Pemkab Tanggamus Bangun Dua Unit Jembatan Penghubung Antar Pekon Dalam Kecamatan

10 Juni 2024 - 08:00 WIB

Masyarakat Tanggamus Kecewa,Penerimaan Panwaslu Kecamatan Diduga Ada Main Mata

24 Mei 2024 - 22:08 WIB

Azuwansyah Kembalikan Berkas Formulir Pendaftaran Bacawabup di DPC PPP Tanggamus

24 Mei 2024 - 21:30 WIB

Pegawai Kosong, Ketua DPD MAI Pesawaran Soroti Disiplin Kerja di Dinas PUPR Pesawaran

21 Mei 2024 - 10:59 WIB

Kunjungi DPC PKB, Dewi Handajani Serahkan Berkas Pendaftaran Bacabup Tanggamus

8 Mei 2024 - 17:04 WIB

Kemenhub Kunjungi Dermaga Batu Balai, di Dukung Gubernur, Dishub Tanggamus: Yakin Segera Beroperasi

8 Mei 2024 - 16:58 WIB

Trending di Daerah