Menu

Mode Gelap

Daerah · 2 Mei 2023 20:26 WIB

Musyda III PDM Kabupaten Pringsewu akan Dilaksanakan, Sebanyak 42 Balon Bersedia

badge-check

Jurnalis


Musyda III PDM Kabupaten Pringsewu akan Dilaksanakan, Sebanyak 42 Balon Bersedia Perbesar

Keterangan foto: Sebanyak 42 dari 63 Balon bersedia dalam Pemilihan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pringsewu. (sumber: Wagiman)

Pringsewu, www.lampungheadlines.com – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pringsewu Lampung akan menggelar Musyawarah Daerah (Musyda) III pada tanggal 20-21 Mei 2023 di Aula SMK Muhammadiyah 1 Pringsewu.

Tahap penjaringan Bakal Calon (Balon) yang dimulai sejak awal bulan Maret lalu sudah dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan (Panlih) Musyda III Muhammadiyah.

Muhammadiyah tidak dikenal pola mencalonkan diri dalam memilih Pimpinan, semua Balon PDM dicalonkan oleh Pleno PDM, para Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Organisasi Otonom (Ortom) tingkat daerah.

Ketua Panitia Pemilihan Musyda III Muhammadiyah Pringsewu, Zarrahudin, S.E., M.M., mengatakan ada beberapa nama usulan bakal calon PDM Pringsewu yang sudah masuk ke Panlih, dimana usulan tersebut berasal dari anggota PDM, Empat PCM dan Empat Ortom tingkat daerah yang ada di Muhammadiyah Pringsewu.

“Alhamdulillah berkas sudah masuk semua, saat ini sedang diproses rekapitulasi bakal calon PDM yang sudah masuk ke Panitia Pemilihan, proses selanjutnya Kami akan seleksi dan verifikasi sesuai dengan ketentuan yang telah diatur untuk nantinya ditetapkan sebagai Calon sementara PDM 2022-2027,” katanya.

Ia menyampaikan bahwa Nama-nama yang lolos verifikasi ini oleh Panlih akan diberikan surat pernyataan kesediaan yang nantinya akan dibawa ke Musyawarah Pimpinan Daerah (Musypimda) untuk ditetapkan sebagai calon tetap.

“Jadi kepada teman-teman yang namanya masuk usulan Balon, sebagai wujud khidmat kepada Persyarikatan, Kami mohon, ketika harus mengisi form kesediaan diharapkan menyatakan bersedia,”sambung Zarrahudin.

Jumlah berkas kesanggupan dari 63 orang usulan yang bersedia 42 orang dan tidak bersedia 21 orang, sedangkan untuk yang 42 orang akan di pilih menjadi 27 orang di acara Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspimda) tanggal 6 Mei 2023 di SMK Muhammadiyah 1 Pringsewu.

Lebih lanjut Zarrahudin mengatakan bahwa persyaratan Balon mengacu kepada ketentuan yang diatur di dalam Anggaran Rumah Tangga (ART) Muhammadiyah, khususnya pada Pasal 16 perihal Pemilihan Pimpinan.

Berikut ini adalah persyaratan anggota Pimpinan Daerah Muhammadiyah periode 2022-2027 antara lain:

a. Taat beribadah dan mengamalkan ajaran Islam;

b. Setia pada prinsip-prinsip dasar perjuangan Muhammadiyah;

c. Dapat menjadi teladan dalam Muhammadiyah;

d. Taat pada garis kebijakan Pimpinan Muhammadiyah;

e. Memiliki kecakapan dan berkemampuan menjalankan tugasnya;

f. Telah menjadi anggota Muhammadiyah sekurangkurangnya satu tahun dan berpengalaman dalam kepemimpinan di lingkungan Muhammadiyah bagi Pimpinan tingkat Daerah, Wilayah dan Pusat;

g. Tidak merangkap jabatan dengan pimpinan organisasi politik dan pimpinan organisasi yang amal usahanya sama dengan Muhammadiyah di semua tingkat;

h. Tidak merangkap jabatan dengan Pimpinan Muhammadiyah dan amal usahanya, baik vertikal maupun horizontal. (*)

Artikel ini telah dibaca 345 kali

Baca Lainnya

Selama tak ada HGU dan IUP , tak ada larangan masyarakat menanam di Lahan Tanjung Kemala Desa Tamansari

13 April 2024 - 10:40 WIB

DPRD Tanggamus Gelar Paripurna, Empat Raperda Ditetapkan Jadi Perda

28 Maret 2024 - 12:29 WIB

Gubernur Lampung Kunker Ke Tanggamus, Resmikan Operasi Pasar Murah dan Bagikan Bantuan Bagi Masyarakat

26 Maret 2024 - 09:52 WIB

MAHUSA DAN WALHI GERAK AKSI TANAM 1000 BIBIT MANGROVE PULIHKAN KOTA BANDAR LAMPUNG

17 Maret 2024 - 22:47 WIB

Baznas Serahkan Bantuan 1 Unit Motor Untuk Tukang Kopi Keliling

8 Maret 2024 - 16:35 WIB

Pemkab Tanggamus Gelar Bazar Pasar Murah, Diskoperindag: Masyarakat Cukup Antusias

8 Maret 2024 - 09:21 WIB

Trending di Daerah