Menu

Mode Gelap

Daerah · 20 Jun 2024 14:24 WIB

PJ Bupati Buka Konsultasi Publik KLHS RTRW Kabupaten Tanggamus 2024-2044

badge-check

Jurnalis


Oplus_0 Perbesar

Oplus_0

Tanggamus, www.lampungheadlines.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanggamus, melaksanakan Konsultasi Publik I Pembuatan dan Pelaksanaan KLHS Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Tanggamus Tahun 2024-2044. Bertempat di Aula Serumpun Padi, Gisting. Kamis, 30/06/2024.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh PJ Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan, melalui virtual zoom, turut hadir asisten II Hendra Wijaya Mega, kadis Lingkungan Hidup Kemas Amin Yusfi, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) serta stake holder terkait.

Dalam sambutannya PJ bupati Tanggamus Mulyadi Irsan mengungkap, bahwa kegiatan ini merupakan wadah bersama untukmendiskusikan terkait Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), dimana KLHS sebagai instrumen pengendalian, wajib memastikan pembangunan di daerah menganut prinsip-prinsip berkelanjutan, yakni dengan memperhatikan keterkaitan, keseimbangan dan keadilan antar aspek sosial, aspek ekonomi, dan aspek lingkungan hidup, serta memperhatikan kebutuhan generasi masa kini dan masa yang akan datang dan dilakukan dengan cara sistematis, menyeluruh dan partisipatif.

” Harapannya dengan apa yang kita laksanakan ini, akan menjadi salah satu dasar bagi Pemerintah Daerah bersama DPRD untuk menyusun dan menetapkan Perda RTRW Kabupaten Tanggamus Tahun 2024-2044, yang Insha Allah akan memberikan manfaat bagi pembangunan daerah di Kabupaten yang kita cintai ini,”ujarnya.

Lanjutnya, KLHS merupakan instrumen pengendali/ pencegahan yang cukup penting dalam setiap perencanaan pembangunan. KLHS menjadi dasar dan mempermudah dalam penyusunan Kebijakan Rencana Program (KRP). Hal ini telah dituangkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelenggaraan KLHS, dimana pada Pasal 2 di jelaskan bahwa pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah wajib membuat KLHS untuk memastikan bahwa prinsip Pembangunan Berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/atauKRP, dan dilaksanakan dalam penyusunan dan evaluasi(a) RTRW dan rinciannya, RPJPN/D, (b) KRP yangmenimbulkan dampak dan/atau risiko lingkungan hidup.

KLHS RTRW Kabupaten Tanggamus merupakan langkah awal yang penting dalam upaya kita untuk mengembangkan rencana tata ruang yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan bagi wilayah Kabupaten Tanggamus. Yang di laksanakan ini juga bagian dari komitmen terhadap pembangunan yang berkelanjuta. KLHS tidak hanya sekedar kajian teknis, tetapi juga merupakan instrumen yang strategis dalam memastikan bahwa kebijakan tata ruang yang kita susun berintegrasi dengan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan dan pembangunan yang inklusif antar aspeksosial, aspek ekonomi, dan aspek lingkungan hidup, serta memperhatikan kebutuhan generasi masa kini danmasa yang akan datang dan dilakukan dengan carasistematis, menyeluruh dan partisipatif.

” Kontribusi dan sumbang saran dari setiap pemangku kepentingan sangat berarti dalam proses penyusunan KLHS RTRW Kabupaten Tanggamus Tahun 2024-2044 yang akan kita jalani. Saya mengajak kita semua untuk bekerja sama dengan semangat kolaboratif dan dedikasi, sehingga kita dapat menghasilkan rencana tata ruang yang berdaya guna dan berkelanjutan bagi generasi mendatang,”pungkas Mulyadi.

Artikel ini telah dibaca 27 kali

Baca Lainnya

Desa Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Ajak Masyarakat Jadi Garda Terdepan Awasi Pemilu 2024

6 Juli 2024 - 14:05 WIB

Dilantik, 24 Petugas Pantarlih Kuripan Siap Coklit Pilkada

25 Juni 2024 - 12:14 WIB

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Tanggamus Laksanakan Tanam Pohon di Pugung

15 Juni 2024 - 09:48 WIB

Pemkab Tanggamus dan PGE-Area Ulu Belu Gelar Restorasi Lahan Kritis di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

14 Juni 2024 - 08:27 WIB

Oknum ASN Kesbangpol Provinsi Lampung dipolisikan, akibat aniaya pasutri.

11 Juni 2024 - 21:18 WIB

Pemkab Tanggamus Bangun Dua Unit Jembatan Penghubung Antar Pekon Dalam Kecamatan

10 Juni 2024 - 08:00 WIB

Trending di Advetorial