Menu

Mode Gelap

Daerah · 26 Jul 2023 15:10 WIB

Program Inovasi Kelas Balita Stunting Upaya Pemerintah Pekon Mulyorejo Turunkan Angka Stunting

badge-check

Jurnalis


Program Inovasi Kelas Balita Stunting Upaya Pemerintah Pekon Mulyorejo Turunkan Angka Stunting Perbesar

Keterangan foto: Masyarakat Pekon Mulyorejo, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Lampung dalam mengikuti Program Inovasi Kelas Balita Stunting. (sumber: Slkn)

Pringsewu, www.lampungheadlines.com – Sesuai Peraturan Presiden No.72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting di Indonesia dan Permendesa Nomor 19/2017 tentang prioritas penggunaan Dana Desa 2018, disebutkan bahwa Dana Desa dapat digunakan untuk kegiatan penanganan stunting sesuai musyawarah desa.

Pemanfaatan Dana Desa untuk penanganan stunting dapat dimulai dari pemetaan sasaran secara partisipatif terhadap warga desa yang terindikasi perlu mendapat perhatian dalam penanganan stunting oleh kader pemberdayaan di desa. Selanjutnya lewat Rembuk Stunting Desa, seluruh pemangku kepentingan di desa merumuskan langkah yang diperlukan dalam upaya penanganan stunting termasuk bekerja sama dengan dinas layanan terkait.

Pemerintah Pekon Mulyorejo, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Lampung, dalam upaya menurunkan angka Stunting dan meningkatkan Pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat terhadap Stunting, Pemerintah Pekon setempat melaksanakan Pertemuan Stunting dan melakukan Kegiatan Inovasi Kelas Balita Stunting merupakan Program Pelayanan Gizi yang bersifat Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Esensial terdiri dari Perencanaan Kelas Balita Stunting dengan menggandeng Bidan Desa bersama kadernya, pada Kamis (25/5/23).

Keunggulan Inovasi ini sendiri guna Meningkatkan kreatifitas ibu balita dalam pengolahan keberagaman jenis makanan untuk balita.

Keterangan: Inovasi penanganan Stunting di Pekon Mulyorejo, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Lampung dengan mencanangkan makanan tambahan. (sumber: Slkn)

Dalam kesempatan ditemui Kepala Pekon Mulyorejo Solikin mengatakan “adapun Inovasi yang Kami kembangkan dalam penanganan Stunting di Pekon Mulyorejo dengan mencanangkan makanan tambahan berupa Siomay, Dimsum, Nuget Ayam,”.

Solikin menambahkan kegiatan tersebut tidak terlepas dari peran serta dan dukungan Pemerintah Daerah dan StakeHolder yang ada di Pekon Mulyorejo dalam Penanganan Stunting. (*)

Artikel ini telah dibaca 22 kali

Baca Lainnya

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Tanggamus Laksanakan Tanam Pohon di Pugung

15 Juni 2024 - 09:48 WIB

Pemkab Tanggamus dan PGE-Area Ulu Belu Gelar Restorasi Lahan Kritis di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

14 Juni 2024 - 08:27 WIB

Oknum ASN Kesbangpol Provinsi Lampung dipolisikan, akibat aniaya pasutri.

11 Juni 2024 - 21:18 WIB

Pemkab Tanggamus Bangun Dua Unit Jembatan Penghubung Antar Pekon Dalam Kecamatan

10 Juni 2024 - 08:00 WIB

MPAL Lampung, dukung penuh pelaporan terhadap MPAL Pesawaran ke APH oleh para Tokoh Adat

9 Juni 2024 - 11:44 WIB

Miris MPAL Pesawaran yang harusnya jadi contoh Lembaga resmi, justru diduga Abal-abal. Kesbangpol Kecolongan.

8 Juni 2024 - 10:09 WIB

Trending di Daerah