Menu

Mode Gelap

Daerah · 23 Jan 2022 23:51 WIB

RSUDBM Kota Agung Gelar Workshop Pendampingan Dan Penyusunan Perbup Tentang BLUD

badge-check

Jurnalis


Ketua Dewan Fatwa Kebangsaan DPW PETANESIA Provinsi Lampung sat memberikan arahan demi suksesnya acara Pelantikan DPW dan DPD PETANESIA Provinsi Lampung mendatang, Foto : Madin Perbesar

Ketua Dewan Fatwa Kebangsaan DPW PETANESIA Provinsi Lampung sat memberikan arahan demi suksesnya acara Pelantikan DPW dan DPD PETANESIA Provinsi Lampung mendatang, Foto : Madin

Tanggamus, Lampungheadlines.com – Demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah Batin Mangunang (RSUDBM), melaksanakan Workshop pendampingan penyusunan peraturan Bupati tentang Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Batin Mangunang Kota Agung Kabupaten Tanggamus.

 

Kegiatan yang digelar mulai tanggal 18 -19 Januari Tahun 2022 dan bertempat di Aula Hotel Ratu Kuring, Gisting. Dihadiri langsung oleh Direktur RSUDBM Kota Agung dr. Meri Yosepa, Kabag TU Budi M Ghozali serta jajaran RSUDBM, Kepala Bagian Hukum Arief Rahkmat, pihak Dinas Kesehatan, Narasumber, serta peserta workshop.

 

Usai kegiatan berlangsung, Direktur RSUDBM Kota Agung Dr. Meri Yosepha diwakili oleh Kabag TU Budi M Ghozali menyampaikan, bahwa kegiatan workshop dilaksanakan, supaya penyusunan Peraturan Bupati (Perbup) berkaitan dengan regulasi yang ada, dan langkah usaha dalam mengimplementasikan Permendagri nomor 79 Tahun 2018 tentang badan layanan umum daerah (BLUD), salah satu poinnya ialah, BLUD merupakan sistem yang diterapkan oleh unit pelaksana teknis dinas/badan daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang mempunyai fleksibilitas dalam pola pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan daerah pada umumnya.

 

Selain itu, Fleksibilitas adalah keleluasaan dalam pola pengelolaan keuangan, dengan menerapkan praktek bisnis yang sehat untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat tanpa mencari keuntungan Dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

” Intinya adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang baik, cukup banyak yang akan dibahas dalam workshop ini, oleh sebab itu selama dua hari kegiatan ini dilakukan, materi pembahasan salah satunya adalah perbup tentang tata kelola keuangan BLUD, bersamaan dengan itu yang paling penting dan prioritas adalah perbup tentang rencana bisnis dan anggaran (RBA),”Ucap Kabag TU Budi M Ghozali.

 

Kemudian lanjutnya, pembahasan juga membahas perbup tentang pengadaan barang dan jasa, Perbup tentang Silpa, dan kebijakan akuntansi. Artinya dari mulai  proses perencanaan sampai dengan realisasinya, semua itu bakal berpedoman atau akan diatur oleh Perbup-Perbup tersebut dalam tiap prosesnya.

 

” Sebenarnya sedikit ada keterlambatan, namun upaya semua pihak mulai dari Biro Hukum Pemerintah Daerah dan telah dikonsultasikan ke biro hukum Provinsi, semua turunan-turunan dari Perbup-Perbup tersebut kita garap hari ini, selain itu juga kami mendapatkan pendampingan dari badan pengawasan keuangan dan pembangunan (BPKP) Provinsi Lampung,”Jelasnya.

 

Budi M Ghozali menambahkan, sistem BLUD bertujuan untuk memberikan layanan umum secara lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan dan manfaat sejalan dengan praktek bisnis

yang sehat, untuk membantu pencapaian dari tujuan sesuai dengan program-program Pemerintah Daerah Tanggamus.

 

“Ini juga sebagai upaya kami dalam mendukung program-program kerja Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus, dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, sekaligus meningkatkan kinerja jajaran RSUD Batin Mangunang Kota Agung agar semakin lebih baik lagi,”Tandas Budi M Ghozali.

 

Artikel ini telah dibaca 105 kali

Baca Lainnya

Pemkab Tanggamus dan PGE-Area Ulu Belu Gelar Restorasi Lahan Kritis di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

14 Juni 2024 - 08:27 WIB

Oknum ASN Kesbangpol Provinsi Lampung dipolisikan, akibat aniaya pasutri.

11 Juni 2024 - 21:18 WIB

Pemkab Tanggamus Bangun Dua Unit Jembatan Penghubung Antar Pekon Dalam Kecamatan

10 Juni 2024 - 08:00 WIB

MPAL Lampung, dukung penuh pelaporan terhadap MPAL Pesawaran ke APH oleh para Tokoh Adat

9 Juni 2024 - 11:44 WIB

Miris MPAL Pesawaran yang harusnya jadi contoh Lembaga resmi, justru diduga Abal-abal. Kesbangpol Kecolongan.

8 Juni 2024 - 10:09 WIB

Dishub Tanggamus Rutin Lakukan Perbaikan dan Pemeliharaan Lampu PJU

28 Mei 2024 - 06:55 WIB

Trending di Daerah