Menu

Mode Gelap

Daerah · 3 Des 2022 10:30 WIB

Wisata Pantai Cemara Beach, Surga Tersembunyi di Pekon Tanjung Agung – Kota Agung Barat

badge-check

Jurnalis


Wisata Pantai Cemara Beach, Surga Tersembunyi di Pekon Tanjung Agung – Kota Agung Barat Perbesar

 

Tanggamus, www.lampungheadlines.com – Wisata Pantai Cemara Beach memang masih terasa asing di telinga, khususnya bagi masyarakat Tanggamus, lokasi yang cukup terpencil jauh dari hiruk pikuk kehidupan, namun menyajikan panorama bentangan alam nan indah. Destinasi wisata baru ini tengah viral di media sosial (Medsos), dan mulai ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Kabupaten Tanggamus. Jum’at, 02/12/2022.

Wisata yang terletak di Pekon Tanjung Agung, Kecamatan Kota Agung Barat tersebut cukup memukau mata yang melihat, bentangan alam sangat indah, pantai pasir yang luas ditambah pegunungan Tanggamus. Hal ini ditandai dengan adanya peresmian wisata tersebut, yaitu kegiatan serah terima surat keputusan (SK) sekaligus peresmian kelompok sadar wisata (Pokdarwis) “Cemara Beach” Pekon Tanjung Agung, yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disaprbud) Kabupaten Tanggamus Hj. Retno Noviana Damayanti. Dan disaksikan oleh Camat Kota Agung Barat Firdaus, S,Pd, Kakon Tanjung Agung Hayang, Kepala UPTD Puskesmas Negara Batin Poniah, Babinsa Pekon Tanjung Agung serta kakon bersama TP-PKK se-kecamatan Kota Agung Barat.

Dalam sambutannya Camat Kota Agung Barat Firdaus menyampaikan, bahwa supaya dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tanggamus dapat membantu di wisata pantai Cemara Beach ini dengan membangun sarana dan prasarana seperti toilet umum dan lain sebagainya. Selain itu turut memberikan apresiasi terhadap masyarakat Pekon Tanjung Agung khususnya Pokdarwis Cemara Beach atas dukungan serta pelaksanaan kegiatan peresmian ini.

Mantan Camat gisting ini turut pula menghimbau kepada Pemerintah Pekon Tanjung Agung serta Pokdarwis Cemara Beach agar para petugas keamanan atau hansip supaya dapat diberdayakan, untuk membantu dalam hal keamanan agar pengunjung merasa aman dan nyaman ketika berwisata. Sebab maju mundurnya suatu wisata salah satunya ialah faktor keamanan dan kenyamanan tergantung dari seluruh masyarakat Tanjung Agung khususnya pihak keamanan Pekon itu sendiri.

” Saya berharap kepada masyarakat Tanjung Agung khususnya Pokdarwis yang telah terbentuk, tolong jaga dan buat nyaman dan aman para pengunjung wisata, agar tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, seperti tempat parkir kendaraan harus aman. Saya dengar pengunjung yang ke destinasi wisata Cemara Beach pada saat weekend bisa mencapai ribuan pengunjung, tentunya ini kedepan dapat menjadi suatu aset Pekon sebagai pendapatan asli Pekon, maka dari itu kuncinya hanya satu semua pihak harus saling bersinergi dan jaga kekompakan,” tegas Firdaus.

” Saya juga berharap kepada Disaprbud Tanggamus agar dapat kira nantinya dapat mengalokasikan anggaran untuk pembenahan sarana dan prasarana di wisata pantai Cemara Beach ini, selain itu saran serta masukan juga hal yang utama demi mewujudkan wisata pantai Cemara Beach dapat berkembang dan maju,”jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tanggamus Retno Noviana Damayanti, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kinerja dari Camat Kota Agung Barat, bukan tanpa sebab karena dalam tahun 2022 ini saja Kota Agung Barat telah melaunching dua destinasi wisata unggulan, yaitu Wisata Bendungan Way Tahili Pekon Pajajaran dan Wisata Pantai Cemara Beach. Kabupaten Tanggamus kaya akan destinasi-destinasi wisata yang beraneka ragam mulai dari wisata Air Terjun, Wisata Pegunungan, wisata Buah dan lain sebagainya.

” Dengan adanya pantai Cemara Beach ini dapat berkembang dan menjadi tempat tujuan wisata dari wisatawan dari berbagai daerah di Lampung, sebab dari kemiripannya seperti pantai sebalang di Lampung Selatan, saya yakin kedepan wisata pantai Cemara Beach ini dapat berkembang dan maju supaya dapat mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar khususnya Pekon Tanjung Agung,”ucapnya.

Retno menambahkan, dalam mengelola suatu wisata tentunya tak mudah, perlu adanya kolaborasi dan kekompakan dari Pokdarwis serta masyarakat Pekon, keterbukaan, tenggang rasa, keakraban, kebersamaan antar ketua dan anggota Pokdarwis serta masyarakat ini merupakan kunci utama keberhasilan dalam mengelola suatu wisata, sebab maju mundur atau berkembang nantinya.

” Pembenahan sarana dan prasarana tentunya harus dilakukan, agar menambah kenyamanan pengunjung ke wisata pantai Cemara Beach ini, dasar awalnya ialah seperti yang disampaikan oleh camat Kota agung Kota Agung Barat tadi, faktor keamanan, kenyamanan harus di perhatikan. Dalam hal ini Disparbud akan membantu untuk sarana dan prasarananya namun itu bisa diakomodir mudah-mudahan di tahun 2023 sesuai dengan kebutuhan dari Pokdarwis atau di wisata pantai Cemara Beach,”tutup Retno.

Kepala Pekon Tanjung Agung Hayang, Pemerintah Pekon akan selalu mendukung untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi para pengunjung wisata pantai Cemara Beach ini. “Tentunya kami akan memberdayakan linmas atau hansip untuk membantu Pokdarwis Cemara Beach dan lainnya, sebagai upaya memberikan rasa mana dan nyaman bagi para wisatawan,”tandas Hayang.

Di akhir kegiatan peresmian wisata pantai Cemara Beach,juga dilakukan penyerahan Surat keputusan (SK) kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Cemara Beach. (Rudi)

Artikel ini telah dibaca 151 kali

Baca Lainnya

Selama tak ada HGU dan IUP , tak ada larangan masyarakat menanam di Lahan Tanjung Kemala Desa Tamansari

13 April 2024 - 10:40 WIB

DPRD Tanggamus Gelar Paripurna, Empat Raperda Ditetapkan Jadi Perda

28 Maret 2024 - 12:29 WIB

Peringati HUT Tanggamus Ke-27 Dan Provinsi Lampung Ke-21, Pemkab Gelar Jalan Sehat

26 Maret 2024 - 09:58 WIB

Gubernur Lampung Kunker Ke Tanggamus, Resmikan Operasi Pasar Murah dan Bagikan Bantuan Bagi Masyarakat

26 Maret 2024 - 09:52 WIB

MAHUSA DAN WALHI GERAK AKSI TANAM 1000 BIBIT MANGROVE PULIHKAN KOTA BANDAR LAMPUNG

17 Maret 2024 - 22:47 WIB

Baznas Serahkan Bantuan 1 Unit Motor Untuk Tukang Kopi Keliling

8 Maret 2024 - 16:35 WIB

Trending di Daerah