Menu

Mode Gelap

Daerah · 21 Okt 2023 13:45 WIB

Bawaslu Gencar Berikan Pemahaman Pengawasan Penyelenggara Pemilu Ke Masyarakat

badge-check

Jurnalis


Bawaslu Gencar Berikan Pemahaman Pengawasan Penyelenggara Pemilu Ke Masyarakat Perbesar

Tanggamus, www.lampungheadlines.com – Jelang Pemilu 2024 Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanggamus, semakin intens memberikan pemahaman yang mendalam kepada masyarakat terkait pengawasan penyelenggaraan pada tahapan Pemilu mendatang.

Hal itu disampaikan langsung oleh jajaran Bawaslu Tanggamus bersama Bawaslu Provinsi Lampung dengan menghadirkan Anggota komisi II DPR RI Khairul Muhtar, S.E, M.M ketika menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan penyelenggaraan pemilu di kabupaten Tanggamus. Yang bertempat di Aula Kantor Pekon Gisting Atas. Jumat, 20/10/2023.

Kegiatan sosialisasi ini, merupakan langkah penting dalam menjaga integritas dan keberlangsungan Pemilu di Tanggamus, serta untuk mengingatkan semua warga agar berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi yang akan datang, selain itu juga melalui pemahaman yang baik supaya masyarakat di Kabupaten Tanggamus siap untuk menjalani pemilu yang adil dan bermartabat.

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Tanggamus Najih Mustofa, mengharapkan kepada seluruh peserta sosialisasi agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan hidmat dan penuh semangat, sebab banyak pengetahuan dan ilmu yang bisa di dapatkan oleh masyarakat, guna memahami pentingnya tata cara dalam menyambut tahapan Pemilu 2024 mendatang.

” Setiap warga negara khususnya masyarakat wilayah Kabupaten Tanggamus wajib memberikan hak suaranya pada pemilu 2024 mendatang, untuk itu saya harap semua peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan semangat dan memahami tentang pengawasan penyelenggaraan pemilu ini,”ucap Ketua Bawaslu Tanggamus ini.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Iskardo P. Panggar, turut mengingatkan kepada seluruh peserta kegiatan, bahwa situasi saat ini adalah tahun politik yang cukup penting. Pemilu merupakan salah satu pilar utama dari proses akumulasi kehendak masyarakat setiap 5 tahun sekali, dimana pesta demokrasi pemilihan umum tahun 2024 dan akan segera mulai berbagai setiap tahapan-tahapannya. Untuk itu ia mengajak seluruh masyarakat Lampung, dan juga khususnya Kabupaten Tanggamus agar datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak suaranya pada tanggal 14 Februari 2024 nanti.

” Meskipun pilihan kita berbeda-beda, namun jangan sampai terkotak-kotak, mari kita sama-sama menjaga persatuan dan persaudaraan. Jangan hanya karena perbedaan pilihan sampai menimbulkan hal-hal yang dapat mengganggu kedamaian, kita ciptakan suasana pemilu yang menyatukan, aman, nyaman dan kondusif,”tegas Iskardo.

Terpisah, Anggota Komisi II DPR RI Khairul Muhtar, ia pun ikut mengatakan, bahwa fungsi pengawasan dari komisi II DPR RI untuk memastikan jalannya tahapan pemilu berjalan dengan baik dan benar sesuai dengan peraturan perundang-undangan, salah satunya adalah hak masyarakat untuk memilih pada pemilu 2024 mendatang, dalam memilih harus sesuai dengan hati nurani mereka (masyarakat). Pemilu 2024 terdiri dari Pemilu Legislatif untuk memilih anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, secara bersamaan juga akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia untuk periode 2024-2029.

” Komisi II DPR RI membidangi Departemen Dalam Negeri, KPU, Bawaslu, BPN, Mensesneg dan lain sebagainya, namun untuk saat ini kami tengah fokus ke Bawaslu dan KPU, guna membantu tahapan Pemilu berjalan baik dan lancar. Kita semua tentunya berharap agar pesta demokrasi pemilu 2024 ini berjalan aman dan kondusif. Sebab Pemilu merupakan salah satu sarana bagi rakyat untuk melaksanakan amanah demokrasi,”pungkas Legislatif anak asli Lampung tersebut.

Peserta kegiatan sosialisasi yang hadir, terdiri dari Majelis Taklim, Keluarga Wanita Tani (KWT), Tokoh Masyarakat Tanggamus serta masyarakat khususnya Kecamatan Gisting.

Artikel ini telah dibaca 25 kali

Baca Lainnya

DPRD Tanggamus Gelar Paripurna, Empat Raperda Ditetapkan Jadi Perda

28 Maret 2024 - 12:29 WIB

Peringati HUT Tanggamus Ke-27 Dan Provinsi Lampung Ke-21, Pemkab Gelar Jalan Sehat

26 Maret 2024 - 09:58 WIB

Gubernur Lampung Kunker Ke Tanggamus, Resmikan Operasi Pasar Murah dan Bagikan Bantuan Bagi Masyarakat

26 Maret 2024 - 09:52 WIB

MAHUSA DAN WALHI GERAK AKSI TANAM 1000 BIBIT MANGROVE PULIHKAN KOTA BANDAR LAMPUNG

17 Maret 2024 - 22:47 WIB

Baznas Serahkan Bantuan 1 Unit Motor Untuk Tukang Kopi Keliling

8 Maret 2024 - 16:35 WIB

Pemkab Tanggamus Gelar Bazar Pasar Murah, Diskoperindag: Masyarakat Cukup Antusias

8 Maret 2024 - 09:21 WIB

Trending di Daerah