Menu

Mode Gelap

Daerah · 23 Jun 2022 13:04 WIB

Bawaslu Tanggamus Gelar Sosialisasi Kepada Penyandang Disabiltas

badge-check

Jurnalis


Bawaslu Tanggamus Gelar Sosialisasi Kepada Penyandang Disabiltas Perbesar

Tanggamus, Lampungheadlines.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tanggamus, menggelar sosialisasi penguatan pemahaman kepemiluan kepada disabilitas/difabel Tahun 2022. Yang bertempat di Balai Pekon Gisting Atas. Kamis, 23/06/2022.

Hadir dalam kesempatan ini, Staf teknis Bawaslu Provinsi Lampung Amri Fahada syehrun, Ketua Bawaslu Tanggamus yang diwakili Kordinator Divisi Pengawasan Ali Usman, Divisi Sengketa Najih Mustofa, Ketua KPU Tanggamus Angga Lazuardi, Kakon Gisting Bawah Sunardi, Ketua LKS Alamanda Roswati Purwantari, serta para penyandang disabilitas.

Koordinator Divisi Pengawasan Ali Usman menyampaikan, bahwa sosialisasi ini menjadi penting sebagai sarana berbagi informasi terkait teknis kepemiluan dan pengawasan hak penyandang disabilitas di pemilu serentak 2024. Harapannya melalui kegiatan sosialisasi dapat mendorong angka partisipasi pemilih disabilitas dalam menggunakan hak suaranya pada pemilu serentak 2024.

Masih kata Ali Usman, dalam hal ini juga turut disampaikan sejumlah informasi terkait pemilu khususnya tugas dan Bawaslu di bidang pengawasan kepada para peserta penyandang disabilitas.

“Sosialisasi terkait disabilitas selama ini masih kurang, pertemuan ini merupakan pintu awal bagi Bawaslu mendekatkan diri kepada pemilih disabilitas. Dari acara ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang kepemiluan, khususnya perihal pengawasan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas yang berkaitan dengan fungsi pengawasan partisipatif,”Ucap Ali Usman.

Selain itu, ia juga mengajak para penyandang disabilitas untuk responsif dengan melaporkan dan menghindari segala bentuk pelanggaran dan money politic yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu. Lebih lanjut Bawaslu Tanggamus berencana untuk membentuk forum-forum warga di beberapa daerah yang bertujuan untuk membangun partisipasi warga dalam mengawasi money politic, politisi SARA, berita HOAX.

” Kepada rekan-rekan disabilitas dapat bergabung dalam proses pengawasan partisipatif dan kedepan memberikan pendidikan politik khususnya pada isu disabilitas, sampaikan hasil pembicaraan hari ini kepada teman dan keluarga dirumah, khususnya lingkungan sekitar kita, agar mereka mengetahui hal-hal yang belum mereka ketahui terkait pemilu mendatang,”tegas Ali Usman.

Artikel ini telah dibaca 35 kali

Baca Lainnya

Kakon Entah Dimana? DD Tahap III 2023 Pulau Benawang Tak Bisa dicairkan

19 Februari 2024 - 21:36 WIB

Mantap! 2.748 Suara Arief Munandar, TIM : yakin Jadi.

17 Februari 2024 - 11:49 WIB

Masyarakat Harapkan Supriyadi, Jadi Dewan Lagi, Kerja nyata nya terbukti.

17 Februari 2024 - 11:12 WIB

Caleg PAN Dapil 2 Kecamatan Negeri Katon, berpotensi raih 2 Kursi, hasil Hitung cepat.

16 Februari 2024 - 08:16 WIB

Tembus 9.000 lebih suara, TIM Relawan Pemengan Paisaludin Caleg DPRD Kabupaten Pesawaran, ungkapkan : ini diluar Prediksi

15 Februari 2024 - 12:10 WIB

ZAINAL ABIDIN CALEG DPRD LAMPUNG DAPIL 3, RAIH SUARA TERBANYAK, ZAINAL : TERIMAKASIH KEPADA PARA PEMILIH.

15 Februari 2024 - 04:09 WIB

Trending di Daerah