Menu

Mode Gelap

Daerah · 11 Mei 2023 23:55 WIB

Cegah Peningkatan Angka Stunting, Pekon Banyu Urip Gelar Kelas Stunting

badge-check

Jurnalis


Cegah Peningkatan Angka Stunting, Pekon Banyu Urip Gelar Kelas Stunting Perbesar

Keterangan foto: Sebanyak 15 anak Stunting dan ibunya mengikuti kelas pencegahan peningkatan angka stunting. (sumber: Nn)

Pringsewu, www.lampungheadlines.com – Sesuai Peraturan Presiden No.72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting di Indonesia dan Permendesa Nomor 19/2017 tentang prioritas penggunaan Dana Desa 2018, disebutkan bahwa Dana Desa dapat digunakan untuk kegiatan penanganan stunting sesuai musyawarah desa.

Pemanfaatan Dana Desa untuk penanganan stunting dapat dimulai dari pemetaan sasaran secara partisipatif terhadap warga desa yang terindikasi perlu mendapat perhatian dalam penanganan stunting oleh kader pemberdayaan di desa. Selanjutnya lewat Rembuk Stunting Desa, seluruh pemangku kepentingan di desa merumuskan langkah yang diperlukan dalam upaya penanganan stunting termasuk bekerja sama dengan dinas layanan terkait.

Pemerintah Pekon Banyu Urip, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Lampung, dalam upaya menurunkan angka Stunting dan meningkatkan Pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat khususnya para ibu terhadap Stunting, Pemerintah Pekon setempat melaksanakan Pertemuan Stunting dan melakukan Kegiatan Inovasi Kelas Balita Stunting yang merupakan Program Pelayanan Gizi bersifat Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Esensial dan terdiri dari Perencanaan Kelas Balita Stunting dengan menggandeng Ny. Fontana selaku Bidan Desa dan Ny. Ervina selaku ahli Gizi, pada Kamis (11/5/23).

Inovasi Stunting bertujuan menurunkan angka Stunting, Meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat mengenai Stunting, Keunggulan Inovasi adalah Meningkatkan kreatifitas ibu balita dalam pengolahan keberagaman jenis makanan untuk balita.

Ibu Titis Wigati selaku Pelaksana kegiatan menyebutkan dalam acara turut dihadirkan 15 Ibu dan anak Stuntingnya, Kader Posyandu Balita, dan Kader Kelompok Pemberdaya Masyarakat (KPM) Desa. (*)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

DPRD Tanggamus Gelar Paripurna, Empat Raperda Ditetapkan Jadi Perda

28 Maret 2024 - 12:29 WIB

Gubernur Lampung Kunker Ke Tanggamus, Resmikan Operasi Pasar Murah dan Bagikan Bantuan Bagi Masyarakat

26 Maret 2024 - 09:52 WIB

MAHUSA DAN WALHI GERAK AKSI TANAM 1000 BIBIT MANGROVE PULIHKAN KOTA BANDAR LAMPUNG

17 Maret 2024 - 22:47 WIB

Baznas Serahkan Bantuan 1 Unit Motor Untuk Tukang Kopi Keliling

8 Maret 2024 - 16:35 WIB

Pemkab Tanggamus Gelar Bazar Pasar Murah, Diskoperindag: Masyarakat Cukup Antusias

8 Maret 2024 - 09:21 WIB

KPU Pesawaran jadwalkan Pleno tingkat Kabupaten 3 hari, Sekretaris KPU : Bisa dilihat secara Live streaming dichanel resmi KPU Pesawaran.

29 Februari 2024 - 14:24 WIB

Trending di Daerah