Menu

Mode Gelap

Daerah · 5 Des 2023 09:50 WIB

Miris jadi penjaga makam Puluhan tahun, seorang kakek tua warga Sriwedari tak dapat Insentif

badge-check

Jurnalis


Miris jadi penjaga makam Puluhan tahun, seorang kakek tua warga Sriwedari tak dapat Insentif Perbesar

PESAWARAN – Hal yang sangat memprihatinkan nampak terlihat dari raut wajah tua diusia senjanya, puluhan tahun menjadi penjaga makam disalah satu pemakaman di Desa Sriwedari Kecamatan Tegineneng, namun tak mendapatkan insentif apapun.

Meski sebelumnya pernah mendapatkan insentif berupa uang seratus ribu rupiah setiap bulanya dari pemda setempat, kini sejak 2 tahun silam tidak mendapatkan lagi.

Hal tersebut diungkapkan Mbah Kumis, sapaan akrab pria dengan 2 anak tersebut kepada Media www.LampungHeadlines.com, “saya puluhan tahun mas jadi penjaga makan disini, nggak dapat insentif apapun, dulu pernah dapat dari PEMDA Ngambil nya pakek rekening Bank Lampung, tapi sejak 2 tahun lalu udah nggak keluar lagi”. Kata mbah Kumis. Senin (04/12/2023)

Meski nilainya hanya sebesar seratus ribu per bulan, namun bagi masyarakat di Desa sangatlah berarti, perhatian khusus sudah semestinya menjadi tanggung jawab pemerintah setempat, sehingga tidak menjadi ketimpangan sosial ditengah masyarakat.

Dilain sisi, Awak media mencoba menemui penjaga makam lain yang masih sama di Desa Sriwedari tersebut, ialah Tohirin, yang juga merupakan penjaga makam, Tohirin mengatakan selama ini hanya mendapatkan insentif berupa uang seratus ribu rupiah yang diberikan setiap beberapa bulan sekali dari Desanya, itupun baru ia dapat setelah ia mengetahui bahwa didesa lain dapat dan ia memohon untuk diusulkan, barulah ia mendapatkannya.

“Di desa ini cuma ada 2 penjaga Makam, Saya sama Pak Kumis, dulu kalok saya nggak minta mungkin sampai sekarang ya ngak dapat juga” ungkap Tohirin. (Tim)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Tanggamus Laksanakan Tanam Pohon di Pugung

15 Juni 2024 - 09:48 WIB

Pemkab Tanggamus dan PGE-Area Ulu Belu Gelar Restorasi Lahan Kritis di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

14 Juni 2024 - 08:27 WIB

Oknum ASN Kesbangpol Provinsi Lampung dipolisikan, akibat aniaya pasutri.

11 Juni 2024 - 21:18 WIB

Pemkab Tanggamus Bangun Dua Unit Jembatan Penghubung Antar Pekon Dalam Kecamatan

10 Juni 2024 - 08:00 WIB

MPAL Lampung, dukung penuh pelaporan terhadap MPAL Pesawaran ke APH oleh para Tokoh Adat

9 Juni 2024 - 11:44 WIB

Miris MPAL Pesawaran yang harusnya jadi contoh Lembaga resmi, justru diduga Abal-abal. Kesbangpol Kecolongan.

8 Juni 2024 - 10:09 WIB

Trending di Daerah