Menu

Mode Gelap

Daerah · 12 Jan 2022 16:53 WIB

Pekon Kusa Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2023, Fokus Perbaikan Infrastruktur

badge-check

Jurnalis


Pekon Kusa Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2023, Fokus Perbaikan Infrastruktur Perbesar

Tanggamus, lampungheadlines.com – Pemerintah Pekon Kusa, Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus, melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2023. Selasa, 11/01/2022.

Hadir dalam kesempatan ini, Kepala Pekon Kusa Kartino Fiarsih, Kasi Pembangunan Zulkarnain, Kepala Sekolah MIN 1 Tanggamus Kusairi, Ketua BHP Romas Lianto, Babinsa, TP-PKK Pekon Kusa, Bidan Desa, Ketua RT, Kadus serta masyarakat Pekon Kusa.

Menurut Kakon Kusa Kartino Fiarsih, Musrenbang merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya, sebagai wadah masyarakat guna menyampaikan kebutuhan warga Pekon di masing-masing dusun di Pekon Kusa, dan hampir rata-rata aspirasi yang disampaikan berupa perbaikan serta pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas utama, karena seyogyanya semua itu tak dapat di cover atau didanai melalui anggaran dana desa (DD) yang cukup terbatas dan hanya bisa dilakukan pembangunan maupun perbaikan infrastruktur oleh Pemkab Tanggamus.

” Prioritas usulan utama kami salah satunya seperti perbaikan jembatan penghubung Pekon Kusa dan Pekon Kelungu, fungsinya sangat penting sekali, sebab dapat lebih mempermudah dan mempercepat akses masyarakat dalam menjual hasil bumi, lalu warga pun berharap adanya air Bersih untuk kebutuhan sehari-hari serta pemasangan tiang lampu jalan guna menerangi jalan-jalan yang gelap dalam mencegah tindak kriminalitas di malam hari. Kemudian perbaikan infrastruktur jalan lingkar di sepanjang Pekon Kusa yang kondisinya sudah rusak parah, bronjong jalan serta pagar makam,” Ungkap Kakon Kusa Kartino Fiarsih.

Lanjut kakon, selain beberapa item usulan yang disebutkan diatas, ada juga yang terkait dalam bidang kesehatan, pendidikan, TP-PKK Pekon Kusa. ” Untuk kesehatan bidan desa mengharapkan pembuangan kotoran septic tank, agar Pekon masuk ODF dengan jumlah 387 KK, serta apabila di mungkinkan pengadaan lahan tanah sebagai lokasi gedung Poskesdes,”Harapnya.

Kartino Fiarsih menambahkan, semua usulan tersebut akan dibawa pada saat pelaksanaan Musrenbang Kecamatan hingga Musrenbang tingkat Kabupaten Tanggamus.

” Mudah-mudahan usulan yang kita ajukan kedepan dapat direalisasikan oleh Pemkab Tanggamus, sebab anggaran Dana Desa Pekon Kusa tidak mampu mengakomodir perbaikan dan Pembangunan yang ada, selain itu juga sebagai bentuk dukungan Pemerintah Pekon dalam program 55 Aksi Asik Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus,”Tandas Kartino Fiarsih

Artikel ini telah dibaca 112 kali

Baca Lainnya

Selama tak ada HGU dan IUP , tak ada larangan masyarakat menanam di Lahan Tanjung Kemala Desa Tamansari

13 April 2024 - 10:40 WIB

DPRD Tanggamus Gelar Paripurna, Empat Raperda Ditetapkan Jadi Perda

28 Maret 2024 - 12:29 WIB

Gubernur Lampung Kunker Ke Tanggamus, Resmikan Operasi Pasar Murah dan Bagikan Bantuan Bagi Masyarakat

26 Maret 2024 - 09:52 WIB

MAHUSA DAN WALHI GERAK AKSI TANAM 1000 BIBIT MANGROVE PULIHKAN KOTA BANDAR LAMPUNG

17 Maret 2024 - 22:47 WIB

Baznas Serahkan Bantuan 1 Unit Motor Untuk Tukang Kopi Keliling

8 Maret 2024 - 16:35 WIB

Pemkab Tanggamus Gelar Bazar Pasar Murah, Diskoperindag: Masyarakat Cukup Antusias

8 Maret 2024 - 09:21 WIB

Trending di Daerah