Menu

Mode Gelap

Daerah · 1 Jun 2022 16:50 WIB

Penjabat Bupati Pringsewu Ikuti Upacara Harlah Pancasila Secara Virtual

badge-check

Jurnalis


Penjabat Bupati Pringsewu Ikuti Upacara Harlah Pancasila Secara Virtual Perbesar

Keterangan: Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah tengah ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022. (sumber foto: Humas Diskominfo Pringsewu)

Pringsewu, www.lampungheadlines.com – Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara virtual. Penjabat Bupati didampingi sejumlah pejabat pemerintah daerah mengikuti upacara dari Ruang Teleconference Kantor Pemkab Pringsewu, Rabu (01/6/22) pagi, dengan mengenakan pakaian adat Lampung, serta beberapa pejabat mengenakan pakaian adat daerah lain seperti Jawa, Banten dan lainnya.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara nasional digelar di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan inspektur upacara Presiden RI Joko Widodo, mengangkat tema ‘Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia’. Sedangkan pembacaan naskah Pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, serta pembacaan naskah Pembukaan UUD 1945 oleh Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus.

Presiden Jokowi yang mengenakan pakaian adat Ende yakni Ragi Lambu Luka Lesu dengan kain motif perpaduan warna merah dan hitam, mengatakan dipilihnya Ende sebagai tempat upacara peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini karena merupakan tempat bersejarah di mana di Ende inilah untuk pertamakalinya Soekarno merumuskan Pancasila, yang saat ini menjadi dasar negara.

Pancasila, menurut Jokowi, bukan hanya telah mempersatukan kita semua, melainkan juga telah menjadi penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian.

Oleh karena itu, mantan Walikota Surakarta sekaligus mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama membumikan Pancasila, dan mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (*)

Artikel ini telah dibaca 27 kali

Baca Lainnya

Raup 3.653 suara Dapil 1, Wandi Dipastikan Raih Kursi di DPRD Tanggamus

26 Februari 2024 - 08:51 WIB

Supriyadi menang hasil pleno Kecamatan, siap melenggang ke Kursi Legislatif

23 Februari 2024 - 15:11 WIB

Kakon Entah Dimana? DD Tahap III 2023 Pulau Benawang Tak Bisa dicairkan

19 Februari 2024 - 21:36 WIB

Mantap! 2.748 Suara Arief Munandar, TIM : yakin Jadi.

17 Februari 2024 - 11:49 WIB

Masyarakat Harapkan Supriyadi, Jadi Dewan Lagi, Kerja nyata nya terbukti.

17 Februari 2024 - 11:12 WIB

Caleg PAN Dapil 2 Kecamatan Negeri Katon, berpotensi raih 2 Kursi, hasil Hitung cepat.

16 Februari 2024 - 08:16 WIB

Trending di Daerah