Menu

Mode Gelap

Daerah · 14 Jan 2022 21:09 WIB

Waspadai Penyebaran DBD, Wabup Pringsewu Minta Aktifkan Kegiatan PSN

badge-check

Jurnalis


Waspadai Penyebaran DBD, Wabup Pringsewu Minta Aktifkan Kegiatan PSN Perbesar

Keterangan: Wabup Pringsewu Dr. Fauzi ketika meninjau ban-ban bekas yang disinyalir menjadi tempat jentik nyamuk berkembang. (sumber: Anton H.)

 

Pringsewu, www.lampungheadlines.com – Banyaknya jentik nyamuk yang bersumber dari ban-ban bekas yang terisi air, disinyalir menjadi penyebab terjangkitnya sejumlah warga Pekon Tambahrejo Barat, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu oleh penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Hal tersebut berdasarkan hasil peninjauan serta penelusuran yang dilakukan Wakil Bupati Pringsewu Fauzi dan instansi terkait di pekon setempat, Jumat (14/01/22).

Menurut Fauzi, dari penelusuran di beberapa rumah warga, banyak ditemukan ban-ban bekas yang terisi air, dan setelah diamati, tampak jelas adanya jentik-jentik nyamuk, karenanya diupayakan langsung melakukan pembersihan di lokasi.

Di samping ditemukan banyak ban bekas, di sejumlah rumah warga juga didapati beberapa tempat air yang dipenuhi jentik nyamuk, seperti ember, baskom, tempat minum burung, dan bahkan padasan (tempat air wudhu) yang juga terdapat jentik nyamuk.

Atas fenomena tersebut, Wabup Pringsewu Fauzi memerintahkan dinas terkait dan jajaran pemerintah daerah, kecamatan hingga pekon untuk kembali menggerakkan masyarakat serta mengaktifkan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Wabup juga mengajak masyarakat untuk dapat menanam tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk seperti serai dan lavender di sekitar rumah. “Itu juga menjadi bagian dari pencegahan penyebaran DBD”, ujarnya.

Selain itu, saat ini juga mulai marak penyebaran DBD di area perkantoran. “Agar juga dilakukan pembersihan dan pemberantasan sarang nyamuk di daerah perkantoran, serta menjaga kebersihan kantor”, cetusnya. (*)

Artikel ini telah dibaca 80 kali

Baca Lainnya

Terang benderang, usai gelar RDP, DPRD Pesawaran segera rekomendasi Kades Tamansari buatkan Sporadik.

17 Mei 2024 - 18:45 WIB

Kunjungi DPC PKB, Dewi Handajani Serahkan Berkas Pendaftaran Bacabup Tanggamus

8 Mei 2024 - 17:04 WIB

Kemenhub Kunjungi Dermaga Batu Balai, di Dukung Gubernur, Dishub Tanggamus: Yakin Segera Beroperasi

8 Mei 2024 - 16:58 WIB

Pastikan Kesehatan dan Keselamatan Petugas Pemilu, Diskes Tanggamus Bentuk P3K

7 Mei 2024 - 21:59 WIB

Halal Bihalal PKB Tanggamus, Irwandi: Kebersamaan Harus Selalu Kita Jaga

30 April 2024 - 21:00 WIB

Dua Mantan Bupati Tanggamus Ambil Formulir pendaftaran Bacabup di Kantor PKB

29 April 2024 - 21:48 WIB

Trending di Daerah