Menu

Mode Gelap

Daerah · 14 Jan 2022 21:09 WIB

Waspadai Penyebaran DBD, Wabup Pringsewu Minta Aktifkan Kegiatan PSN

badge-check

Jurnalis


					Waspadai Penyebaran DBD, Wabup Pringsewu Minta Aktifkan Kegiatan PSN Perbesar

Pringsewu, www.lampungheadlines.com – Banyaknya jentik nyamuk yang bersumber dari ban-ban bekas yang terisi air, disinyalir menjadi penyebab terjangkitnya sejumlah warga Pekon Tambahrejo Barat, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu oleh penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Hal tersebut berdasarkan hasil peninjauan serta penelusuran yang dilakukan Wakil Bupati Pringsewu Fauzi dan instansi terkait di pekon setempat, Jumat (14/01/22).

Menurut Fauzi, dari penelusuran di beberapa rumah warga, banyak ditemukan ban-ban bekas yang terisi air, dan setelah diamati, tampak jelas adanya jentik-jentik nyamuk, karenanya diupayakan langsung melakukan pembersihan di lokasi.

Di samping ditemukan banyak ban bekas, di sejumlah rumah warga juga didapati beberapa tempat air yang dipenuhi jentik nyamuk, seperti ember, baskom, tempat minum burung, dan bahkan padasan (tempat air wudhu) yang juga terdapat jentik nyamuk.

Atas fenomena tersebut, Wabup Pringsewu Fauzi memerintahkan dinas terkait dan jajaran pemerintah daerah, kecamatan hingga pekon untuk kembali menggerakkan masyarakat serta mengaktifkan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Wabup juga mengajak masyarakat untuk dapat menanam tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk seperti serai dan lavender di sekitar rumah. “Itu juga menjadi bagian dari pencegahan penyebaran DBD”, ujarnya.

Selain itu, saat ini juga mulai marak penyebaran DBD di area perkantoran. “Agar juga dilakukan pembersihan dan pemberantasan sarang nyamuk di daerah perkantoran, serta menjaga kebersihan kantor”, cetusnya.

Artikel ini telah dibaca 31 kali

Baca Lainnya

RSUDBM Kota Agung Gelar Workshop Pendampingan Dan Penyusunan Perbup Tentang BLUD

23 Januari 2022 - 23:51 WIB

Dugaan, 3 Proyek DAK Disdik Tanggamus Diragukan Hasil Kualitasnya, Gunakan Besi Tak Sesuai

23 Januari 2022 - 23:45 WIB

39 KPM Pekon Mulyorejo terima manfaat BLT DD Tahun anggaran 2021

23 Januari 2022 - 07:27 WIB

Ketua DPRD Pringsewu Gowes ke MI Yasmida Tinjau Vaksinasi Anak

22 Januari 2022 - 18:37 WIB

Singgah di Sukoharjo, Ketum Persada Indonesia Ganjar Pranowo Support LPPL Rapemda Pringsewu

21 Januari 2022 - 23:28 WIB

DPW PETANESIA Provinsi Lampung Resmi Terdaftar di KESBANGPOL

18 Januari 2022 - 20:30 WIB

Trending di Daerah